PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK DENGAN MENGGUNAKAN STANDAR PSAK KONVERGENSI IFRS PADA SEKOLAH SMK-BM JURUSAN AKUNTANSI SEKABUPATEN LANGKAT

 (*)Khairani Sakdiah Mail (Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidiakan, Universitas Muslim nusantara Alwashliyah Medan, Indonesia)
 Cita Ayni Putri Silalahi (Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidiakan, Universitas Muslim nusantara Alwashliyah Medan, —)

(*) Corresponding Author

Abstract

International Financial Reporting Standar (IFRS) merupakan Pembuatan laporan akuntansi yang di  sesuaikan dengan standard laporan keuangan internasional, dan hampir seluruh di belahan Negara di dunia ini pelaporan akuntasinya menggunakan standard IFSR. Dikarenakan oleh itu maka hampir seluruh perusahaan wajib menggunakan standard tersebut dalam hal pembuatan laporan keuangan, tenaga pendidik juga wajib dan ikut mengajarkan standard tersebut kepada peserta didiknya, baik di perguruan tinggi maupun sekolah yang mempunyai jurusan akuntansi juga dapat menerapkan ini sebagai bahan ajar yang tidak tertinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan para guru Jurusan Akuntansi di sekolah Menengah Kejuruan Bisnis Manajemen  yang berada di kabupaten langkat dalam menghadapi konvergensi IFRS yang baru-baru ini diadopsi oleh Indonesia semenjak tahun 2012. Indikator yang digunakan untuk mengukur penerapan pembelajaran akuntansi dengan menggunakan standard yang PSAK konvergensi IFRS  yaitu: Melihat dan mengamati perilaku tindakan yang di lakukan guru di sekolah yang di jadikan objek penelitian, apakah telah menggunakan standard akuntansi konvergensi IFRS dalam pengajaran memberikan materi kepada siswa serta penyesuaian antara kurukulum yang diberikan oleh dina pendidikans. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru Jurusan Akuntansi yang berada di Kabupaten Langkat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Dan hasil yang diperoleh scara keseluruhan pada penelitian ini adalah belum adanya guru yang menerapakan pembelajaran akuntansi dengan menerapkan akuntansi yang menggunakan standard IFRS dikarenakan belum adanya arahan dari dinas pendidikan untuk memberlakukannya standard tersebut.

Kata kunci : IFRS, SMK-BM, Akuntansi

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 476 times
PDF - 485 times

References

Armstrong, C. S., Barth, M. E., Jagolinzer, A. D., Riedl, E. J., 2007. Market

Bisker, Limbong. 2012. Analisis Pengaruh Ketersediaan Sarana prasarana dan Pendidikan terhadap Implementasi Penjamin Mutu Pendidikan dan Dampaknya pada Mutu Hasil Pendidikan: Kasus pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Description” .http://natawidnyana-wordpress.com.http://ssrn.com/abstract=903429.

Dwi Martani,dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah I dan II Berbasis PSAK Konvergensi IFRS. Edisi 2 Buku 1. Penerbit salemba Empat.

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung. PT. Remaja Rodokarya

Natawidnyana, 2008. “International Financing Reporting Standards: A Brief

Nining. 2013. Dampak Implementasi IFRS Terhadap Pendidikan Akuntansi di Indonesia.

reaction to the adoption of IFRS in Europe. Available at SSRN:

Risma. 2015. Kesiapan Dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakaerta Menghadapi Konvergensi International Financial Reporting Standars. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi Konsep dan Tekhnik Penyusunan Laporan Keuangan Adaptasi IFRS. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Sigit, dkk. 2013. Analisis Kesiapan dan Pelaksanaan Perkuliahan Akuntansi Berbasis Konvergensi International Financial Reporting Standarts (IFRS). Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol.1.No.4. Tahun 2013. IIN 2089-7952

Yevi, dkk. 2015. Dampak Konvergensi International Financial Reporting Standar (IFRS) Terhadap Pembelajaran Akuntansi Pada Perguruan Tinggi Swasta Se-Kota Bandar Lampung. Jurnal Bisnis darmajaya, Vol.01. No.02, juli 2015.

Yuningsih. 2015. Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap International Financial Reporting Standar (IFRS). Tesis. Universitas Kristen Satya Wacana.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK DENGAN MENGGUNAKAN STANDAR PSAK KONVERGENSI IFRS PADA SEKOLAH SMK-BM JURUSAN AKUNTANSI SEKABUPATEN LANGKAT

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License