PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK DENGAN MENGGUNAKAN STANDAR PSAK KONVERGENSI IFRS PADA SEKOLAH SMK-BM JURUSAN AKUNTANSI SEKABUPATEN LANGKAT
Abstract
International Financial Reporting Standar (IFRS) merupakan Pembuatan laporan akuntansi yang di sesuaikan dengan standard laporan keuangan internasional, dan hampir seluruh di belahan Negara di dunia ini pelaporan akuntasinya menggunakan standard IFSR. Dikarenakan oleh itu maka hampir seluruh perusahaan wajib menggunakan standard tersebut dalam hal pembuatan laporan keuangan, tenaga pendidik juga wajib dan ikut mengajarkan standard tersebut kepada peserta didiknya, baik di perguruan tinggi maupun sekolah yang mempunyai jurusan akuntansi juga dapat menerapkan ini sebagai bahan ajar yang tidak tertinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan para guru Jurusan Akuntansi di sekolah Menengah Kejuruan Bisnis Manajemen yang berada di kabupaten langkat dalam menghadapi konvergensi IFRS yang baru-baru ini diadopsi oleh Indonesia semenjak tahun 2012. Indikator yang digunakan untuk mengukur penerapan pembelajaran akuntansi dengan menggunakan standard yang PSAK konvergensi IFRS  yaitu: Melihat dan mengamati perilaku tindakan yang di lakukan guru di sekolah yang di jadikan objek penelitian, apakah telah menggunakan standard akuntansi konvergensi IFRS dalam pengajaran memberikan materi kepada siswa serta penyesuaian antara kurukulum yang diberikan oleh dina pendidikans. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru Jurusan Akuntansi yang berada di Kabupaten Langkat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Dan hasil yang diperoleh scara keseluruhan pada penelitian ini adalah belum adanya guru yang menerapakan pembelajaran akuntansi dengan menerapkan akuntansi yang menggunakan standard IFRS dikarenakan belum adanya arahan dari dinas pendidikan untuk memberlakukannya standard tersebut.
Kata kunci : IFRS, SMK-BM, Akuntansi
References
Armstrong, C. S., Barth, M. E., Jagolinzer, A. D., Riedl, E. J., 2007. Market
Bisker, Limbong. 2012. Analisis Pengaruh Ketersediaan Sarana prasarana dan Pendidikan terhadap Implementasi Penjamin Mutu Pendidikan dan Dampaknya pada Mutu Hasil Pendidikan: Kasus pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Description†.http://natawidnyana-wordpress.com.http://ssrn.com/abstract=903429.
Dwi Martani,dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah I dan II Berbasis PSAK Konvergensi IFRS. Edisi 2 Buku 1. Penerbit salemba Empat.
Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung. PT. Remaja Rodokarya
Natawidnyana, 2008. “International Financing Reporting Standards: A Brief
Nining. 2013. Dampak Implementasi IFRS Terhadap Pendidikan Akuntansi di Indonesia.
reaction to the adoption of IFRS in Europe. Available at SSRN:
Risma. 2015. Kesiapan Dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakaerta Menghadapi Konvergensi International Financial Reporting Standars. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi Konsep dan Tekhnik Penyusunan Laporan Keuangan Adaptasi IFRS. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Sigit, dkk. 2013. Analisis Kesiapan dan Pelaksanaan Perkuliahan Akuntansi Berbasis Konvergensi International Financial Reporting Standarts (IFRS). Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol.1.No.4. Tahun 2013. IIN 2089-7952
Yevi, dkk. 2015. Dampak Konvergensi International Financial Reporting Standar (IFRS) Terhadap Pembelajaran Akuntansi Pada Perguruan Tinggi Swasta Se-Kota Bandar Lampung. Jurnal Bisnis darmajaya, Vol.01. No.02, juli 2015.
Yuningsih. 2015. Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap International Financial Reporting Standar (IFRS). Tesis. Universitas Kristen Satya Wacana.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).