PENERAPAN METODE HARMONIC MEAN FILTER UNTUK MEREDUKSI NOISE SPECKLE DAN SALT AND PEPPER PADA CITRA ORTOKROMATIK

 (*)Kristianna Melawati Silaban Mail (STMIK Budi Darma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Citra (image) atau istilah lain untuk gambar merupakan salah satu komponen multimedia yang berperan penting sebagai bentuk informasi visual. Dibandingkan dengan data teks, citra memiliki banyak informasi. Namun terkadang citra juga dapat mengalami penurunan yaitu penurunan kualitas yang disebabkan oleh noise / derau, warna terlalu kontras, kabur, dan lain-lain. Citra ortokromatik yang memiliki noise akan mengganggu kejelasan dari citra tersebut sehingga noise tersebut harus dihilangkan agar citra lebih jelas untuk dipahami. Pengolahan citra digital adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari hal-hal yang bekaitan dengan perbaikan kualitas gambar (peningkatan kontras, transformasi warna, restorasi citra), transformasi gambar ( rotasi, translasi, skala, transformasi geometrik), melakukan pemilihan ciri-ciri (feature images) yang optimal untuk bertjuan analisis, melakukan proses penarikan informasi dan deskripsi objek atau pengenalan objek yang terkandung pada citra, melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data. Beberapa jenis noise diantaranya yaitu speckle, salt and pepper. Salt and pepper berbentuk seperti bintik hitam dan putih pada citra. Dan noise speckle  dapat berubah nilai konstantanya. Perbaikan citra bertujuan untuk meningkatkan kualitas tampilan citra agar memiliki format yang lebih baik. Untuk mengurangi noise tersebut dibutuhkan suatu metode. Metode yang digunakan untuk merduksi noise speckle, salt and pepper ini adalah harmonic mean filter karena dapat menghasilkan nilai citra yang lebih baik dan lebih mudah untuk dimengerti.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 162 times | PDF View: 197 times

References

Abdul kadir, “Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra”, 2013, Andi Yogyakarta.

Adi Nugroho ,”Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA”,2010,Andi Yogyakarta.

Chan, Raymond H., Chung-Wa Ho, & Mila Nikolova, “Salt-and-Peper Noise Removal by Median-type Noise Detectors And Detail preserving Regularization”, 2009.

Fadlisyah, S.Si, “Computer Vision dan Pengolahan Citra” 2007,Andi Yogyakarta.

Purwiyanti, Sri, & FX.Arianto Setyawan, “Penentuan Letak Derau pada Citra Berderau Salt And Pepper Berdasarkan Sifat Ketetanggaan Piksel”, 2008, Sri Purwiyanti.

T.Sutoyo, “Teori Pengolahan Citra Digital”, 2009,Andi Yogyakarta.

Wahana Komputer, “Ragam Aplikasi Pengolahan Image dengan Matlab”,2013, Jakarta”

S. Aripin, H. Sunandar, PERANCANGAN APLIKASI PERBAIKAN CITRA PADA HASIL SCREENSHOT MENGGUNAKAN METODE INTERPOLASI LINIER, Pelita Inform. Budi Darma. Volume : 1 (2016) 51–58.

S. Aripin, G.L. Ginting, N. Silalahi, Penerapan metode retinex untuk meningkatkan kecerahan citra pada hasil screenshot, Media Inform. Budidarma. 1 (2017) 24–27.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PENERAPAN METODE HARMONIC MEAN FILTER UNTUK MEREDUKSI NOISE SPECKLE DAN SALT AND PEPPER PADA CITRA ORTOKROMATIK

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License