SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN SISWA SISWI TERBAIK SMA NEGERI 1 KAMPUNG RAKYAT MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

 (*)Dian Kesuma Dewi Mail (STMIK Budi Darma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan proses pemilihan alternatif tindakan untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu. Pengambilan keputusan mencari siswa-siswa terbaik di SMA Negeri Kampung Rakyat dilakukan dengan pendekatan sistematis terhadap permasalahan melalui proses pengumpulan data menjadi informasi serta ditambah dengan faktor – faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Pada suatu proses pengambilan keputusan, para pengambil keputusan seringkali dihadapkan pada berbagai masalah yang bersumber dari beragamnya kriteria. Sebagai contoh praktis, pihak sekolah sering menghadapi kesulitan dalam menentukan prioritas dalam proses pengambilan keputusan dan kebijakan terhadap pemilihan siswa terbaiknya. Terkait dengan hal tersebut, sistem pendukung keputusan dapat digunakan oleh pihak sekolah dalam proses pengolahan data hingga memudahkan proses pengambilan keputusan, dipadukan dengan metode Topsis di dalam sistem tersebut, maka keduanya dapat saling berintegrasi, sehingga mampu menyelesaikan masalah tersebut. Setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem sudah bisa menghasilkan output yang diharapkan. Sistem yang ada pada sudah cukup membantu pihak sekolah yang berwenang di SMA Kampung Rakyat dalam menentukan siswa terbaik.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 309 times | PDF View: 162 times

References

Dedi, "Sistem Pendukung Keputusan Siswa Berprestasi dengan Methode Topsis," Sisfotek Global, Maret 2016.

E. Prahasta, Sistem Informasi Geografis, Bandung: INFORMATIKA, 2014.

S. Tata, Analisis Sistem Informasi, 1 ed., C. Putri, Ed., Yogyakarta: ANDI, 2012.

A.Solichin, MYSQl 5 : Dari Pemula Hingga Mahir, Jakarta, 2010.

O. L. ,. P. M. S. Pojoh, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Siswa Berprestasi yang layak menjadi siswa teladan," 2016.

Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP, Yogyakarta: ANDI, 2010.

M. Syahrizal and R. Badrul, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN NASABAH POTENSIAL PADA BMT EL-HAFIZ MENGGUNAKAN PROFILE MATCHING,” Pelita Inform. Budi Darma, vol. 2, no. 16, pp. 80–84, 2017.

Ade Septi Rezeki Anggreani, H. Hotni Ratua Br, M. Syahrizal, and K. Nuning, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mekanik Sepeda Motor Terbaik Menggunakan Metode Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis ( MOORA ),” vol. 5, no. 1, pp. 66–70, 2018.

Mesran, R. kristianto Hondro, M. Syahrizal, andysah P. U. Siahaan, R. Raahim, and Suginam, “Student Admission Assessment using Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA),” J. Online Jar. COT POLIPD, vol. 10, no. Irstc, pp. 1–6, 2017.

G. Ginting, Fadlina, Mesran, A.P.U. Siahaan, R. Rahim, Technical Approach of TOPSIS in Decision Making, Int. J. Recent Trends Eng. Res. 3 (2017) 58–64. doi:10.23883/IJRTER.2017.3388.WPYUJ.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN SISWA SISWI TERBAIK SMA NEGERI 1 KAMPUNG RAKYAT MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License