Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Indeks Kinerja Sales Marketing Sepeda Motor Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA) (Studi Kasus: PT. ALFA SCORPII)

Authors

  • Azwarsyah Fadlan Universitas Budi darma

Abstract

Prosedur penilaian indeks kinerja sales marketing sepeda motor di PT. Alfa Scorpii dilakukan oleh secara subjektif berdasarkan penilaian mengenai pengetahuan produk, komunikasi, manajemen waktu, mengatasi penolakan, dan mendengarkan dengan empati. Adapun masalah yang terjadi pada PT. Alfa Scorpii yaitu proses pengambilan keputusan masih dilakukan secara subjektif berdasarkan penilaian pribadi pimpinan, sehingga hasil pengambilan keputusan yang dilakukan dapat merugikan pihak yang tidak terpilih menjadi sales marketing terbaik meskipun memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Dalam upaya menyelesaikan permasalahan di atas, penelitian ini berfokus pada merancang dan membangun sistem pendukung keputusan penilaian indeks kinerja sales marketing pada PT. Alfa Scorpii menggunakan visual basic net 2008 dan MySQL. Metode yang diterapkan ke dalam sistem pendukung keputusan penilaian indeks kinerja sales marketing pada penelitian ini yaitu metode Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA). Output dari hasil penelitian ini adalah aplikasi berbasis desktop yang dapat dioperasikan pada komputer dengan sistem operasi windows. Konstribusi yang diharapkan dari hasil penelitian ini yaitu dapat menyelesaikan masalah pengambilan keputusan dalam penilaian indeks kinerja sales marketing sepeda motor di PT. Alfa Scorpii.

References

A. A. Tambunan, S. Baido, and H. Manullang, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Finalis Duta Kampus Menerapkan Metode MOORA ( Studi Kasus : Universitas Budi Darma ),” vol. 11, pp. 1–7, 2022.

A. Eri Novitasari Situmeang, Yopi Hendro Syahputra, “Implementasi Metode MOORA ( Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis ) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pengawas ( Mandor ) Yang LayakMendapatkan,” no. April, 2020.

D. M. Sinaga, L. C. Dewi, Y. S. Nasution, H. Okprana, and W. Robiansyah, “Penerapan Metode MOORA padaPemilihan Body Scrub Berdasarkan Konsumen,” pp. 603–607, 2021.

D. Nofriansyah, Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Y. Zai, Mesran, and E. Buulolo, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Buah Rambutan Dengan KualitasTerbaik Menggunakan Metode Weighted Product (WP),” Media Inform. Budidarma, vol. 1, no. 1, pp. 8–11, 2017.

A. Syahputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Pre- Wedding di Kota Medan dengan MenggunakanMetode VIKOR dan BORDA,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 3, p. 207, 2020, doi: 10.30865/json.v1i3.2159.

I. Fahmi, Manajemen Pengambilan Keputusan Teori dan Aplikasi. Bandung: PT. Alfabeta, 2016.

Fitriyana and A. Sucipto, “Sistem Informasi Penjualan Oleh Sales Marketing Pada Pt Erlangga Mahameru,” J. Teknol.dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 105–110, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi

A. T. Hidayat, N. K. Daulay, and Mesran, “Penerapan Metode Multi- Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA) dalam Pemilihan Wiraniaga Terbaik,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 1, no. 4, pp. 367–372, 2020.

N. W. A. Ulandari, “Implementasi Metode MOORA pada Proses Seleksi Beasiswa Bidikmisi di Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali,” J. Eksplora Inform., vol. 10, no. 1, pp. 53–58, 2020, doi: 10.30864/eksplora.v10i1.379.

M. Mesran, S. D. A. Pardede, A. Harahap, and A. P. U. Siahaan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Menerapkan Metode MOORA,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no.2, pp. 16–22, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i2.595.

R. F. Wahyu, F. Gea, and M. Mesran, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Parking AreaMenerapkan Metode MOORA,” Bull. Inf. Technol., vol. 2, no. 3, pp. 107–118, 2021, doi: 10.47065/bit.v2i3.129

Downloads

Published

2025-05-26

Issue

Section

Articles