ANALISIS PELAKSANAAN PROYEK PERUMAHAN DENGAN METODE CPM (CRITICAL PATH METHOD) DAN PERT (PROJECT EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE) (STUDI KASUS PROYEK PERUMAHAN CITRA TURI)

 (*)Walson W D Banjarnahor Mail (STMIK Budi Darma Medan, Indonesia)
 Pristiwanto Pristiwanto (STMIK Budi Darma Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Bagian terpenting dalam keberhasilan pengembangan penerapan riset operasi adalah kemajuan yang terjadi dalam bidang teknologi, khususnya komputer. Dengan teknologi komputer dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan matematika supaya menjadi lebih mudah penyelesaiannya. Dalam mengestimasi waktu dan biaya dalam sebuah proyek maka diperlukan optimalisasi yang biasanya dilakukan untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada serta meminimalkan kendala namun tetap mendapatkan hasil yang optimal. Program komputer yang digunakan adalah POM-QM for Windows. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana cara menentukan lintasan kritis dan nilai optimum pada penjadwalan proyek dengan menggunakan metode PERT-CPM dan bagaimana cara menentukan lintasan kritis dan nilai optimum pada penjadwalan proyek dengan program POM-QM for Windows. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara menentukan lintasan kritis dengan menggunakan metode PERT-CPM pada penjadwalan proyek perumahan Citra Turi dan untuk mengetahui penggunaan program POM-QM for Windows dalam menentukan lintasan kritis. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data primer, karena data diperoleh secara langsung dari staf bagian produksi yang berada di PT. Capella Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pada PT. Prime Property Medan  dan melakukan interview dengan salah satu staf bagian produksinya

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 860 times
PDF - 2190 times

References

Abdul Kadir dan Terra Ch. Triwahyuni 2013. ”Pengantar Teknologi Informasi” :Dasar Sistem Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.

Abdul Kadir 2013.Pengenalan Algoritma :Flowchart. Yogyalarta : Andi Offset.

Rahmat Pryanto 2009. Langsung Bisa Visual Basic.NET 2008: Pendahuluan. Yogyakarta Andi Offset.

Rosa AS – M Shalahuddin 2011. Rekayasa Perangkat Lunak.: “Pemodelan Dan UML”.Bandung 2011

Sitinjak, T.JR. 2006. RISET OPERASI Untuk Pengambilan Keputusan Manajerial dengan Aplikasi Excel. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yulianto, H.D dan Sutapa, N.I. 2005. Riset Operasi dengan Excel. Yogyakarta: ANDI.

Herjanto, Eddy. 2007. Manajemen Operasi Edisi Ketiga. Jakarta: Grasindo.

Subagyo, P, Asri, M, Handoko, T.H. 1999. Dasar-dasar Operation Research. Yogyakarta: Edisi kedua BPFE.

Susanta, B. 1994. Program Linear. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel ANALISIS PELAKSANAAN PROYEK PERUMAHAN DENGAN METODE CPM (CRITICAL PATH METHOD) DAN PERT (PROJECT EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE) (STUDI KASUS PROYEK PERUMAHAN CITRA TURI)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License