APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK IDENTIFIKASI KANDUNGAN FORMALIN PADA MAKANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

 (*)Sovia Sovia Mail (STMIK Budi Darma Medan, Indonesia)
 Garuda Ginting (STMIK Budi Darma Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Sistem pakar (Expert Sistem) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuna manusia kekomputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti layakna para pakar (ekspert).sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para pakar atau ahli. Dengan pengembangan sistem pakar, diharapkan bahwa orang awam pun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Permasalahan yang ditangani oleh seorang pakar bukan hanya permasalahan yang mengandalkan algoritma, namun kadang juga permasalahan yang sulit dipahami. Permasalahan tersebut dapat diatasi oleh seorang pakar dengan pengetahuan dan pengalamannya. Aplikasi sistem pakar untuk mengidentifikasi kandungan formalin pada makanan. Dalam mengambil kesimpulan dalam sistem pakar pada umumnya digunakan penalaran Forward Chaining dan Backward Chaining. Namun dengan penggunaan kedua penalaran tersebut belum dapat ditentukan besar nilai kepercayaan terhadap Hipotesa. Agar sistem pakar dapat melakukan penalaran sebagaimana seorang pakar meskipun dalam kondisi ketidak pastian data dan untuk mendapatkan nilai kepercayaan dalam hal ini penulis menggunakan suatu metode untuk menyelesaikan data tersebut dengan menggunakan metode Certainty Factor (CF). Metode yang digunakan dalam sistem pakar ini menggunakan teori Certainty Factor, karena metode ketidak pastian ini menghasilkan gambaran kemungkinan sebuah jawaban, dan hanya ada satu yang akan sesuai dengan jawaban yang dibutuhkan, dari teori ini tingkat kepercayaan didapat dari suatu gejala dari masalah tersebut

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 445 times
PDF - 318 times

References

Abdul Kadir dan Terra Ch. Triwahyuni 2013. ”Pengantar Teknologi Informasi” :Dasar Sistem Komputer. Yogyakarta : Andi Offset.

Abdul Kadir 2013.Pengenalan Algoritma :Flowchart. Yogyalarta : Andi Offset.

Rahmat Pryanto 2009. Langsung Bisa Visual Basic.NET 2008: Pendahuluan. Yogyakarta Andi Offset.

Rosa AS – M Shalahuddin 2011. Rekayasa Perangkat Lunak.: “Pemodelan Dan UML”.Bandung 2011

Sri Kusumadewi.2003. ” Artificial Intelligence Teknik dan Aplikasinya”. Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

T. Sutojo. 2011. ” Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi.

Yeni Lestari Nasution, M. Mesran, S. Suginam, and F. Fadlina, “SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS PENYAKIT TUMOR OTAK MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (CF),” J. INFOTEK, vol. 2, no. 1, Feb. 2017.

R. P. Tanjung and M. Mesran, “SISTEM PAKAR MENDETEKSI KERUSAKAN MESIN LAS INVERTER DENGAN METODE CERTAINTYFACTOR,” Maj. Ilm. INFOTEK, vol. 2, no. 1, pp. 62–64, 2017.

N. A. Hasibuan, K. Yusmiarti, F. T. Waruwu, and R. Rahim, “Expert systems with genetics probability,” Int. J. Res. Sci. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 112–116, 2017.

I. Sumatorno, D. Arisandi, A. P. U. Siahaan, and M. Mesran, “Expert System of Catfish Disease Determinants Using Certainty Factor Method,” Int. J. Recent Trends Eng. Res., vol. 3, no. 8, pp. 202–209, 2017.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK IDENTIFIKASI KANDUNGAN FORMALIN PADA MAKANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License