METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM MENENTUKAN PEMBIMBING TERBAIK PADA BIMBINGAN BELAJAR
Abstract
Dalam proses pembangunan sistem pendukung keputusan untuk menentukan pembimbing terbaik menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decission Making (FMADM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternative terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu pembimbing (tentor) yang berhak menjadi pembimbing terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap alternatif, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu pembimbing (tentor) yang terbaik. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat membantu para pengambil keputusan dalam menentukan pembimbing terbaik dan dapat mempermudah para pengambil keputusan dalam menentukan siapa pembimbing yang berhak menyandang gelar pembimbing terbaik.
References
Irfan Surbakti, 2002, “ Sistem Pendukung Keputusanâ€. Surabaya
Hery Sulistiyo, 2009, “Jurnal Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Di SMA Negeri 6 Pandeglangâ€
Henry Wibobo, 2010, “Jurnal MADM-TOOL: Aplikasi Uji Sensitivitas untuk Model MADM Menggunakan Metode SAW dan TOPSISâ€
Sabda Gunawan, 2015, “Jurnal Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik pada SMA Negeri 2 Kutacane dengan menggunakan metode Simple Additive Weightingâ€
Sartana Fitra Amir, 2011, “Skripsi Analisis Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Model Simple Additive Weighting Untuk Seleksi Penerima Beasiswa Bidik Misi Universitas Sumatera Utara
Mesran, Suginam, S. D. Nasution, and A. P. U. Siahaan, “PENERAPAN WEIGHTED SUM MODEL ( WSM ) DALAM PENENTUAN PESERTA JAMINAN,†J. Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 40–47, 2017.
G. Ginting, Fadlina, Mesran, A. P. U. Siahaan, and R. Rahim, “Technical Approach of TOPSIS in Decision Making,†Int. J. Recent Trends Eng. Res., vol. 3, no. 8, pp. 58–64, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).