KEMAMPUAN PENALARAN MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA DALAM PENULISAN ABSTRAK
Abstract
Kemampuan penulisan abstrak pada mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana hanya terbatas pada Menentukan Masalah dan Tujuan Penelitian, Menyusun Prosedur Penelitian dan Menarik Kesimpulan maka dari itu peneliti bertujuan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran mahasiswa dalam penulisan abstrak. Metode penelitian menggunakan instrumen penelitian kualitatif agar dapat mengetahui kemampuan penalaran mahasiswa dalam menulis abstrak. Tahapan penelitian meliputi tinjauan pustaka, rumusan masalah, instrumen penelitian, pengumpulan data, analisis data dan kesimpulan. Sampel penelitian ialah tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi ialah Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Desain Komunikasi Visual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan penaralan dalam penulisan abstrak oleh mahasiswa Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual kategori baik dan Sistem Informasi kategori cukup dan dari hasil total kemampuan penalaran bahwa kemampuan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana dalam Penulisan Abstrak kategori baik.References
Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Grasindo.
Lancaster, F.W. 2003. Indexing and Abstracting in Theory and Practice, 3rd edition. London: Facet. 95.
Sandi Hidayat, Rif’at., Dwi Astuti. 2015. KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 4, No 6 (2015). pp 1-13.
Ririn Dwi Agustin. 2016. Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. JURNAL PEDAGOGIA ISSN 2089-3833 Volume. 5, No. 2, Agustus 2016. pp 179-188.
Nazir, M. 1988. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Hal,90
Whitney, F. 1960. The Element Of Research. New York :Prentice-Hall, Inc
Shadiq, F. 2014. Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Graha Ilmu, Ruko Jambusari 7A, Yogyakarta.
Suriasumantri, J. S. 2009. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
Wisnu, J. 2016. Paduan Penulisan Artikel Ilmiah. Fakultas Ilmu, Komputer, Universitas Indonesia.
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Hal,93
Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hal 38.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: CV. Alfabeta.
Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).