KEMAMPUAN PENALARAN MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA DALAM PENULISAN ABSTRAK

 (*)Kevin Mikhail Tulenan Mail (Mahasiswa Magister Sistem Informasi FTI Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)
 Eko Sediyono (Magister Sistem Informasi FTI Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Kemampuan penulisan abstrak pada mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana hanya terbatas pada Menentukan Masalah dan Tujuan Penelitian, Menyusun Prosedur Penelitian dan Menarik Kesimpulan maka dari itu peneliti bertujuan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran mahasiswa dalam penulisan abstrak. Metode penelitian menggunakan instrumen penelitian kualitatif agar dapat mengetahui kemampuan penalaran mahasiswa dalam menulis abstrak. Tahapan penelitian meliputi tinjauan pustaka, rumusan masalah, instrumen penelitian, pengumpulan data, analisis data dan kesimpulan. Sampel penelitian ialah tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi ialah Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Desain Komunikasi Visual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan penaralan dalam penulisan abstrak oleh mahasiswa Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual kategori baik dan Sistem Informasi kategori cukup dan dari hasil total kemampuan penalaran bahwa kemampuan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana dalam Penulisan Abstrak kategori baik.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 297 times
PDF - 231 times

References

Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Grasindo.

Lancaster, F.W. 2003. Indexing and Abstracting in Theory and Practice, 3rd edition. London: Facet. 95.

Sandi Hidayat, Rif’at., Dwi Astuti. 2015. KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 4, No 6 (2015). pp 1-13.

Ririn Dwi Agustin. 2016. Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. JURNAL PEDAGOGIA ISSN 2089-3833 Volume. 5, No. 2, Agustus 2016. pp 179-188.

Nazir, M. 1988. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Hal,90

Whitney, F. 1960. The Element Of Research. New York :Prentice-Hall, Inc

Shadiq, F. 2014. Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Graha Ilmu, Ruko Jambusari 7A, Yogyakarta.

Suriasumantri, J. S. 2009. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Wisnu, J. 2016. Paduan Penulisan Artikel Ilmiah. Fakultas Ilmu, Komputer, Universitas Indonesia.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Hal,93

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hal 38.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: CV. Alfabeta.

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel KEMAMPUAN PENALARAN MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA DALAM PENULISAN ABSTRAK

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License