PENERAPAN METODE ENTROPY DAN METODE PROMETHEE DALAM MERANGKING KUALITAS GETAH KARET

 (*)Anggi Syahadat Harahap Mail (Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara Jl. Dr. T. Mansur No. 9 Padang Bulan Medan, Indonesia)
 Tulus Tulus (Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara Jl. Dr. T. Mansur No. 9 Padang Bulan Medan, Indonesia)
 Erna Budhiarti (Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara Jl. Dr. T. Mansur No. 9 Padang Bulan Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Getah karet merupakan salah satu komoditas terbesar yang ada di Indonesia. Indonesia juga penghasil getah karet terbesar di dunia. Oleh karena itu PTPN Medan III sangat menjaga kualitas getah karet agar memenuhi standar yang diterima oleh pabrik- pabrik ban berskala internasional. Dalam menentukan nilai kualitas getah karet, PTPN III Medan memiliki beberapa kriteria penilaian yaitu kadar karet kering, lain jenis klon (bibit karet), umur pohon, waktu penyadapan, serta letak dari permukaam laut. Saat ini PTPN masih menggunakan uji laboratorium untuk proses penilaian kualitas getah karet sehingga membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit. Maka penulis bermaksud melakukan penelitian tentang penentuan kualitas getah karet menggunakan beberapa metode sistem pendukung keputusan yaitu metode Entropy dan PROMETHEE (Preference Ramking Organization Method for Enrichment Evaluation)[1]. Metode Entropy digunakan untuk menghitung bobot setiap kriteria. Metode PROMETHEE kemudian digunakan untuk menentukan ranking dari kualitas getah karet. Dalam 5 kali pengujian pada data dari 5 periode penentuan kualitas getah karet diperoleh tingkat akurasi sebesar 65%, namun memiliki hasil urutan atau perangkingan yang berbeda jauh antara hasil perhitungan metode Entropy dan PROMETHEE dengan hasil perhitungan PTPN II Medan. Akan tetapi hasil dari perhitungan metode Entropy dan PROMETHEE dengan PTPN III Medan memiliki 3 keluaran yang menghasilkan getah karet yang sama-sama menempati urutan pertama dari 5 pengujian.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 829 times
PDF - 796 times

References

Abbas, Ali E., (2002), Entropy Method For Adaptive Utility Elicitation. IEEE.

Junaidi, Arif dan Irawan, Isa. (2012). “Implementasi Metode Entropi dan ELECETRE II untuk Menentukan Prioritas Pembangunan Kembali Jembatan yang Rusak Akibat Bencana Banjir (Studi Kasus Di Kabupaten Trenggalek)”.Surabaya : Jurusan Matematika Institut Teknologi Sepuluh November.

Adipramadan, Thoriq Rizkani dan Ciptomulyono, Udisubakti.(2012).”Audit Energi dengan Pendekatan Metode MCDM-PROMETHEE untuk Konservasi serta Efisiensi Listrik di Rumah Sakit Haji Surabaya”. Surabaya : Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh November.

Khan, Nizam.(2008).”DSS Concepts adn Methods : Health and Demographic Surveillance System”.Colorado : University of Colorado at Boulder.

Mangkusubroto, Kuntoro dan Trisnadi, Listriani.(1987).”Analisa Keputusan : Pendekatan Sistem dalam Manajemen Usaha dan Proyek”.Bandung: Ganesa Exact

Marimin.(1998).”Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk”.Jakarta : PT Grasindo.

Suryadi, K dan Ramdhani, A.(2000).”Sistem Pendukung Keputusan : Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Impelementasi Konsep Pengambilan Keputusan”.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yowono, Bambang dan Richard Kodong, Frans.(2011).”Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode PROMETHEE (Studi Kasus : Stastun Pengisian Bahan Bakar Umum)”.Yogyakarta : Jurusan Teknik Informatika UPN “Veteran".

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PENERAPAN METODE ENTROPY DAN METODE PROMETHEE DALAM MERANGKING KUALITAS GETAH KARET

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License