Sistem Pakar Dengan Metode Tsukamoto Untuk Mendiagnosa Penyakit Divertikulitis

 (*)Florianus Fanolo Waruwu Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Divertikulitis adalah peradangan atau infeksi yang terjadi pada divertikula, yaitu kantung-kantung yang terbentuk di usus besar (kolon) manusia. Penyakit ini disebabkan oleh pola makan yang rendah serat, konstipasi, dan obesitas. Divertikulitis dapat menyebabkan komplikasi yang bersifat serius, bahkan dapat mengancam nyawa penderita. Masalah yang menjadi topik pembahasan yang akan diselesaikan pada penelitian ini yaitu sulitnya informasi yang diperoleh oleh masyarakat awam terhadap diagnosa penyakit ini menyebabkan tingkat kebutuhan akan dokter spesialis penyakit Divertikulitis meningkat, sementara dokter spesialis penyakit Divertikulitis masih terbatas sehingga menyebabkan tingkat pelayanan dokter spesialis terhadap pasien yang datang dengan jumlah banyak tidak dapat memberikan pelayanan konsultasi hingga seluruh pasien yang hadir di tempat prakter dokter spesialis tersebut. Berangkat dari permasalahan yang terjadi penulis melakukan penelitian di Rumah Sakit Sarah untuk konsultasi dengan dokter spesialis penyakit Divertikulitis untuk mengumpulkan kebutuhan data terhadap proses diagnosa penyakit Divertikulitis. Setelah memperoleh seluruh data yang dibutuhkan penulis membangun sistem pakar diagnosa penyakit Divertikulitis menggunakan vbnet 2008. Metode yang diterapkan ke dalam sistem pakar ini untuk melakukan diagnosa penyakit Divertikulitis adalah metode Tsukamoto. Diharapkan sistem pakar yang dibangun pada penelitian ini dapat menjadi alat terbaik untuk membantu dokter spesialis Divertikulitis dalam pelayanannya terhadap pasien yang datang untuk melakukan konsultasi.

Keywords


Sistem Pakar, Tsukamoto, Diagnosa, Divertikulitis

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF - 10 times

References

P. Soepomo, “Sistem Pakar Dengan Inferensi Fuzzy Tsukamoto Dalam Mendiagnosa Penyakit Saluran Reproduksi Manusia,” vol. 2, no. 1, hal. 150–159, 2014, doi: 10.12928/jstie.v2i1.2612.

A. I. Falatehan, N. Hidayat, dan K. C. Brata, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Hati Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 8, hal. 2373–2381, 2018.

D. O. Parwita, A. S. Sukamto, dan R. D. Nyoto, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kejiwaan Skizofrenia Menggunakan Metode Tsukamoto,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, hal. 1–6, 2016.

D. pendidikan 2, “Diagnosa adalah,” https://www.dosenpendidikan.co.id/, 2020. https://www.dosenpendidikan.co.id/diagnosa-adalah/ (diakses Okt 18, 2020).

dr. T. Willy, “Divertikulitis,” 16 Maret 2018, 2018. https://www.alodokter.com/divertikulitis#:~:text=Divertikulitis adalah peradangan atau infeksi,besar disebut juga dengan divertikulosis. (diakses Okt 18, 2020).

Y. Ferdiansyah dan N. Hidayat, “Implementasi Metode Fuzzy - Tsukamoto Untuk Diagnosis Penyakit Pada Kelamin Laki Laki,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 12, hal. 7516–7520, 2018.

I. Zufria, “Pemodelan Berbasis UML ( Unified Modeling Language ) dengan Strategi Teknik Orientasi Objek User Centered Design ( UCD ) dalam Sistem Administrasi Pendidikan Pemodelan Berbasis UML ( Unified Modeling Language ) dengan,” Pemodelan Berbas. UML (Unified Model. Lang. dengan Strateg. Tek. Orientasi Objek User Centered Des. dalam Sist. Adm. Pendidik., no. August, 2016.

Andi, PAS Membuat Aplikasi Client Server Dengan Visual Basic 2008. Wahana Komputer, 2010.

S. Ramadhani, U. Anis, dan S. T. Masruro, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL,” J. Tek., vol. 5, no. 2, hal. 479–484, 2013.

D. P. Utomo and S. D. Nasution, “Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Toner Dengan Menggunakan Metode Case Based-Reasoning,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 3, no. 5, pp. 430–434, 2016.

H. Daely and D. P. Utomo, “Sistem Pakar Diagnosa Hepatomegali Menerapkan Metode Fuzzy Logic Sugeno,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 4, no. 1, 2020.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Sistem Pakar Dengan Metode Tsukamoto Untuk Mendiagnosa Penyakit Divertikulitis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Florianus Fanolo Waruwu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License