Perancangan Aplikasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Makanan Pada Crytal Jade Restaurant Menggunakan Metode Material Requirement Planning

 (*)Vina Widiarma Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Crystal Jade Restaurant adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang tempat makan atau rumah makan yang memiliki penampilan mewah. Setiap perusahaan harus dapat mengambil keputusan tentang kegiatan pengendalian persediaan barang pada perusahaan yang akan menimbulkan berbagai macam biaya, seperti biaya pembelian, biaya pemesanan, dan biaya penyimpanan Ada beberapa soudi yang dapat digunakan dalam pengendalian bahan baku yaitu dengan menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP). Material Requirement Planning (MRP) adalah metode permintaan terikat yang menggunakan daftar kebutuhan bahan,status persediaan, penerimaan yang diperkirakan, dan jadwal produksi induk, yang dipakai untuk menentukan kebutuhan material yang akan digunakan. System ini dapat membantu Crystal Jade Restaurant dalam pengendalian bahan baku makanan. Sehingga untuk berikutnya dengan dikendalikannya bahan baku makanan di Crystal Jade Restaurant dapat mengontrol persediaan bahan baku makanan agar pesanan bahan baku sesuai dengan permintaan dan agar tidak adanya stok berlebihan yang dapat menimbulkan kerusakan atau kerugian bagi perusahaan.

Keywords


Pengendalian, Bahan Baku, Material Requirement Planning

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 870 times
PDF - 722 times

References

Slamet, “Pengaruh Penerapan Kecakapan Hidup,” Univ. Pendidik. Indones., p. 51, 2007.

budi kho, “pengertian mrp (material requirement planning) dan tujuan penerapan,” 3 juli 2016, 2019. [Online]. Available: http://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-mrp-material. [Accessed: 03-Mar-2019].

P. Cv and C. Clean, “Penerapan Material Requirement Planning ( Mrp ) Guna Perencanaan Persediaan Bahan Baku Sanitizer Tissue,” 2013.

A. Agoes and N. F. Pasaribu, “Adeline Agoes ; Nami Fitricia Pasaribu,” vol. 6, no. 9, pp. 110–116, 2015.

B. P. Statistik., “Badan Pusat Statistik,” Badan Pus. Stat., p. 1, 2006.

F. Sulaiman and Nanda, “Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode EOQ Pada UD. Adi Mabel,” J. Teknovasi, vol. 02, no. 1, pp. 1–11, 2015.

M. Fitra, “Pengendalian Persediaan Bahan Baku Reactor Coating Solution-1 ( Rcs-1 ) Dalam Mengefisienkan Biaya Persediaan Pada Pt . Tpc Indo Plastic and Chemicals , Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur,” no. November, pp. 1–6, 2016.

J. Vialy, “APLIKASI METODE MRP ( MATERIAL REQUIREMENT PLANNING ) TERHADAP MATERIAL PASIR , SEMEN DAN BESI TULANGAN,” vol. 5, pp. 8–9, 2013.

C. T. Michel, “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Ikan Tuna Pada Cv. Golden Kk,” Analyst, vol. 118, no. 8, pp. 973–978, 2014.

N. L. Yuliani, “ANALISIS METODE FIXED ORDER INTERVAL ( FOI ) DALAM MEMESAN BAHAN BAKU MAKANAN DI RESTAURANT BEBEK TEPI SAWAH KABUPATEN GIANYAR TAHUN 2014,” no. 1, 2015.

P. Sari and D. Dana, “IMPLEMENTASI MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING ( MRP ) PADA PERENCANAAN PERSEDIAAN MATERIAL PANEL LISTRIK DI PT . TIS,” vol. 20, no. 1, pp. 36–46, 2016.

S. Lestari and D. D. Nurdiansah, “ANALISA PERENCANAAN KEBUTUHAN MATERIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR KERTAS DENGAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING ( MRP ),” vol. 4, no. 2, pp. 59–64, 2018.

J. Ilmu et al., “analisis penerapan mrp dalam perencanaan persediaan bahan baku berdasarkan permintaan pasar dengan menggunakan pendekatan single moving average dan single exponetial smoothing with linear treand,” 2017.

stefani darmawan triana elizabeth, “sistem informasi pemakaian sparpart mesin packing pada PT. XYZ,” 2015.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Perancangan Aplikasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Makanan Pada Crytal Jade Restaurant Menggunakan Metode Material Requirement Planning

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vina Widiarma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License