Implementasi Ahp Dan Moosra Pemilihan Kasir Terbaik (Studi Kasus : Suzuya Departement Store)

 (*)Asnita Susilawati Nadeak Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Untuk pemilihan kasir terbaik yang dilakukan pada Suzuya Department Store di Medan setiap tahunnya dilakukan dengan memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh perusahaan, dalam pemilihan kasir ini terkadang kasir yang terpilih masih dipengaruhi oleh berbagai faktor lain, sehingga kasir yang terpilih tidak sesuai dengan yang seharusnya, maka perlunya dilakukan suatu sistem pengambil keputusan sebagai hasil akhir maka dibutuhkan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode AHP dan MOOSRA. Sistem pendukung keputusan dimana sebuah sistem yang berbasis komputer yang dapat dirancang untuk membantu pimpinan perusahaan dalam proses pengambilan keputusan mengenai pemilihan kasir terbaik. Pada sistem pendukung keputusan untuk memilih kasir ini penulis akan mengkombinasikan dua buah metode yaitu metode AHP dan metode MOOSRA. Penulis akan menggunakan metode AHP untuk mencari hasil bobot dari alternatif dan kriteria yang sudah ditentukan dari perusahaan dengan menyederhakan dan memecahkan persoalan tersebut kedalam bagian-bagiannya dan MOOSRA akan mencari hasil perangkingan dari hasil pembobotan dari AHP tersebut. Pemilihan kasir terbaik menggunakan sistem pendukung keputusam dengan metode AHP dan MOOSRA dalam prosesnya setelah dikombinasikan. Kemudian hasil akan dipaparkan dalam pemilihan kasir terbaik sehingga sistem pendukung keputusan ini dapat memudahkan perusahaan dalam memilih kasir terbaik.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Moosra, Departement, Store, Kasir

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 33 times

References

E. Darmanto, D. F. Teknik, P. Studi, S. Informasi, U. M. Kudus, N. Latifah, D. F. Teknik, P. Studi, S. Informasi, U. M. Kudus, N. Susanti, D. F. Teknik, P. Studi, S. Informasi, U. M. Kudus, and G. Tumbu, “PENERAPAN METODE AHP ( ANALYTHIC HIERARCHY PROCESS ) UNTUK,” vol. 5, no. 1, pp. 75–82, 2014.

A. Ray, “GREEN CUTTING FLUID SELECTION USING MOOSRA METHOD,” pp. 559–563, 2014.

R. Fachrizal, “Implementasi ARAS ( Additive Ratio Assessment ) Dalam Pemilihan Kasir Terbaik Studi Kasus Outlet Cardinal Store Plaza Medan Fair,” pp. 501–510, 2019.

A. Rachman and L. Belakang, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI SUMBER DAYA MANUSIA DI,” no. October, 2015.

E. Novida, H. Sunandar, and I. Pendahuluan, “Sistem pendukung keputusan pemilihan produk lensa kacamata menggunakan metode promethee ii,” vol. 17, pp. 71–78, 2018.

Nurjannah and D. P. Utomo, “Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Colour Guard Pada Marching Band Ginada Dengan Menggunakan Metode Vikor Dan Borda,” JUKI J. Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 35–48, 2020.

N. Ndruru, Mesran, F. T. Waruru, and D. P. Utomo, “Penerapan Metode MABAC Untuk Mendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Kepala Cabang Pada PT. Cefa Indonesia Sejahtera Lestari,” Resolusi Rekayasa Tek. Inform. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 36–49, 2020.

S. W. Pasaribu, D. P. Utomo, and Mesran, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Account Officer Menerapkan Metode EXPROM II (Studi Kasus: Bank Sumut),” J. Inf. Syst. Res., vol. 1, no. 3, pp. 175–188, 2020.

Mesran, Suginam, and Dito, “Implementation of AHP and WASPAS (Weighted Aggregated Sum Product Assessment) Methods in Ranking Teacher Performance,” IJISTECH (International J. Inf. Syst. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 173–182, 2020.

Mesran, K. Ulfa, D. P. Utomo, and I. R. Nasution, “Penerapan Metode VlseKriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (VIKOR) dalam Pemilihan Air Conditioner Terbaik,” Algoritm. J. ILMU Komput. DAN Inform., vol. 4, no. 1, pp. 24–35, 2020.

F. Pratiwi, F. T. Waruru, D. P. Utomo, and R. Syahputra, “Penerapan Metode ARAS Dalam Pemilihan Asisten Perkebunan Terbaik Pada PTPN V,” Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 651–662, 2019.

Annisah, B. Nadeak, R. Syahputra, and D. P. Utomo, “Penerapan Metode SMARTER Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Merchandise Display Terbaik (Studi Kasus: PT. Pasar Swalayan Maju Bersama),” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 4, no. 1, 2020.

S. Damanik and D. P. Utomo, “Implementasi Metode ROC (Rank Order Centroid) Dan Waspas Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kerjasama Vendor,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 4, no. 1, 2020.

L. Sarumaha, B. Efori, A. H. Sihite, and D. P. Utomo, “Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Mentor Pada Pusat Pengembangan Anak IO 558 Sangkakala Medan Menggunakan Metode CPI dan ROC,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 4, no. 1, 2020.

R. K. Ndruru and D. P. Utomo, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Generik Anggota Polri Di Polda Sumatera Utara Menggunakan Metode MABAC & Entropy,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 4, no. 1, 2020.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implementasi Ahp Dan Moosra Pemilihan Kasir Terbaik (Studi Kasus : Suzuya Departement Store)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Asnita Susilawati Nadeak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License