Penerapan Algoritma Adaptive Huffman Coding Pada Aplikasi Kumpulan Komik Berbasis Android

 (*)Sepandi Sepandi Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Dalam zaman yang semakin maju ini teknologi baru yang belum pernah dibayangkan sebelumnya makin banyak bermunculan. Mulai dari munculnya komputer, handphone, dan masih banyak lagi. Salah satu teknologi baru yang muncul adalah aplikasi kumpulan komik berbasis Android adalah aplikasi yang menyajikan cerita dari suatu kisah dalam bentuk gambar-gambar. Untuk menceritakan suatu kisah bisa membutuhkan banyak gambar. Gambar-gambar yang disimpan memiliki ukuran yang cukup besar sehingga untuk menceritakan satu kisah dibutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Dan juga mempengaruhi kecepatan dalam pertukaran data sehingga menyebabkan perangkat anroid menjadi lambat saat mengakses aplikasi komik tersebut dikarenakan penyimpanan perangkat android terbatas. Maka untuk membuat banyak  ruang  kosong dan memiliki ukuran data yang tidak besar pada media penyimpanan diperlukan metode kompresi yang memiliki arti untuk mempersingkat ukuran bit yang diperlukan suatu data algoritma Adaptive Huffman Coding dapat digunakan untuk mengetahui kinerja kompresi apabila dilakukan dengan mengkompresi file gambar komik dan menghasilkan sebuah sistem yang dapat memperkecil besar file gambar komik sehingga file tersebut lebih mudah ditransmisikan ke media penyimpanan lainnya.

Komik, Kompresi, Algoritma Adaptive Huffman Coding


Keywords


Komik, Kompresi, Algoritma Adaptive Huffman Coding

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 5 times | PDF View: 0 times

References

R. L. I. Herman, T. A. B. Wirayuda, F. T. Informatika, and U. Telkom, “Pendahuluan Di zaman modern ini , informasi menjadi semakin banyak dan cenderung,” 2010.

M. Ardhin, “Adaptive Huffman Coding Sebagai Variasi Huffman Coding,” Inst. Teknol. Bandung, no. 13509033, p. 5, 2011.

T. Kandaga, “Analisis Penerapan Kompresi dan Dekompresi Data dengan Menggunakan Metode Statistik dan Kamus,” J. Inform., vol. Vol.2, no. No.2, pp. 81–91, 2006.

M. dan S. Fathoni, “Pengantar Algoritma dan Pemrograman,” Pemrograman, vol. 4, no. 0644, p. 10, 2015.

David Salomon and Motta, Handbook Of Data Compression. New York, Amerika: Springer London, 2010.

O. N. Shpakov and G. V. Bogomolov, “Technogenic activity of man and local sources of environmental pollution,” Stud. Environ. Sci., vol. 17, no. C, pp. 329–332, 1981.

H. D. Waluyanto, D. Desain, and K. Visual, “KOMIK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL,” pp. 45–55.

M. S. A.S, M. S. Rosa, Rekayasa perangkat lunak. Bandung, 2015.

M. s. E. A. . K. Alfa Satyaputa, Java for beginners with eclipse 4.2 juno. 2012, 2012.

T. D. A. N., Setiyadi, A., & Harihayati, “Presentasi,” vol. 13 No., 2015.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penerapan Algoritma Adaptive Huffman Coding Pada Aplikasi Kumpulan Komik Berbasis Android

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sepandi Sepandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License