Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dokter Terbaik di Dinas Kesehatan Kab. Simalungun Menggunakan Metode MABAC

 (*)Saima Ronita Purba Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Dinas kesehatan adalah unsur pelaksana otonomi daerah dalam bidang kesehatan dan dipimpin langsung oleh seorang Kepala Dinas (KADIN). Pemilihan Dokter terbaik dalam dinas kesehatan ini banyak sekali kesalahaan yang terjadi, karena kesalahan tersebut dapat mengakibatkan masalah yang fatal. Dalam pemilihan dokter terbaik di dinas kesehatan Kab. Simalungun masih membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak ada metode standar yang sistematis, seharusnya untuk menjadi dokter terbaik harus melakukan banyak proses yang harus dilalui dan memenuhi syarat atau kriteria yang telah ditentukan oleh dinas kesehatan tersebut. Maka dari itu untuk memperoleh informasi atau proses yang cepat, akurat, dan tidak adanya kecurangan dalam pemilihan dokter terbaik dengan prestasi Dokter yang benar dan memenuhi kriteria yang diharapkan, dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan untuk memecahkan situasi kompleks dan tidak terstruktur. Saya menggunakan metode MABAC (Multi-Attributive Border Approximation area Comparison) Metode ini digunakan untuk mendapatkan koefisien bobot kriteria, berdasarkan alternatif yang ada dievaluasi dan mendapatkan hasil yang benar nyata dan tidak adanya kecurangan lagi. Berdasarkan metode yang digunakan tersebut maka akan menghasilkan nilai berdasarkan data yang ada dapat dipastikan hasilnya akan lebih akurat dan tidak adanya lagi kecurangan dalam ajang pemilihan dokter terbaik tersebut.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Binaan, MABAC

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 5 times | PDF View: 0 times

References

Rivalri Kristianto Hondro, "Pemilihan Penerima Bantuan Rastra Menggunakan Metode MultiAttributive Border Approximation Area Comparison," MABAC, 2018.

MBA, Akt Dr.Jogiyanto HM, Analisis & Desain. Yogyakarta, 2005.

M.kom Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keptusan, Fl. Sigit Suyantoro, Ed. Yogyakarta, 2007.

Kusumadewi and Sri, "Penetuan Lokasi Pemancar Televisi Menggunakan Fuzzy Multi Criteria Decision Making," Media Informatika , vol. 2, no. 0854-4743, Desember 2004.

Hariyani and Astuti. (2005) Pengertian Dokter. [Online]. http://prasko17.blogspot.com/2012/12/definisi-dokter-pengertian-dokter-arti.html

Rosa A. S and M.Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung, 2016.

Wahana Komputer, Membuat Aplikasi Client Server dengan Visual BASIC 2008, Woro Widya, Ed. Semarang, 2010.

C. Widyo Hermawan, Microsoft Access 2007 Untuk pemula . Yogyakarta, 2007

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dokter Terbaik di Dinas Kesehatan Kab. Simalungun Menggunakan Metode MABAC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Saima Ronita Purba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License