Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perusahaan Binaan Dengan Metode Mabac (Studi Kasus: Dinas Perindustrian Kota Medan)

 (*)Rinaldy Manurung Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Di dalam proses pemilihan perusahaan/industri binaan pada Dinas Perindustrian Kota Medan masih mengumpulkan data secara manual, mendata langsung ke perusahaan/industri yang akan diberi binaan, mengumpulkan data-data persyaratan  perusahaan/industri, memeriksa satu-persatu persyaratan perusahaan/industri yang akan diberi binaan. Terdapat beberapa persyaratan/kriteria untuk di beri binaan dari Dinas Perindustrian Kota Medan, umur perusahaan/industri, golongan perusahaan/industri, ukuran tanah perusahaan/industri, letak bangunan perusahaan/industri, teknologi pemasaran produk perusahaan/industri. Berdasarkan persyaratan/kriteria dalam pemilihan perusahaan/industri binaan yang ditentukan Dinas Perindustrian Kota Medan, dalam memutuskan pemilihan perusahaan/industri binaan pada Perindustrian Kota Medan membutuhkan SPK (sistem pendung keputusan), dimana dalam pemililahan perusahaan/industri binaan pada Dinas Perindustrian Kota Medan akan menerapkan Metode Mabac, metode ini dipilih karena lebih akurat dalam proses pemilihan keputusan, handal terhadap pemilihan keputusan dan setiap proses pemilihan keputusannya sangat detail, di bandingkan dengan Metode lainnya seperti, Saw, Copras, Moora, Topsis, dan Vi-kor, metode Mabac sangat mendukung di dalam menentukan perusahaan/industri yang mana akan di beri binaan Dinas Perindustrian Kota Medan. Untuk mendapatkan hasil yang akurat dalam pemilihan perusahaan/industri binaan Pada Dinas Perindustrian Kota Medan. Proses dan penerapan metode mabac akan di rancang kedalam sistem pendukung keputusan, dimana sistem pendukung keputusan akan memproses kriteria yang ada dengan menggunakan metode Mabac, melakukan tahapan-tahapan proses pemilihan perusahaan/industri binaan Pada Dinas Perindustrian Kota Medan sesuai dengan rancangan sistem pendukung keputusan.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Binaan, MABAC

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 7 times | PDF View: 0 times

References

R. K. Hondro, “MABAC: Pemilihan Penerima Bantuan Rastra Menggunakan Metode Multi-Attributive Border Approximation Area Comparison,” J. Mahajana Inf., vol. 3, no. 1, hal. 41–52, 2018.

E. Saptini, “Kewenangan para sekutu cv dalam memfidusiakan peralatan operasional perusahaan,” Repertorium, vol. 2, no. 2, hal. 7, 2015.

S. D. Dicky Nofriansyah, MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN. Yogjakarta: Deepublish, 2007.

G. D. Pamučar and G. Ćirović, “The selection of transport and handling resources in logistics centres using Multi-Attributive Border Approximation area Comparison (MABAC),” vol. 42, no. 6, hal. 3016–3028, 2015.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perusahaan Binaan Dengan Metode Mabac (Studi Kasus: Dinas Perindustrian Kota Medan)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rinaldy Manurung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License