Implementasi Five Modulus Untuk Kompresi File Audio

 (*)Bernita Siburian Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Audio adalah fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitudo yang berubah secara kontinyu terhadap waktu yang disebut frekuensi. Selama bergetar, perbedaan tekanan terjadi di udara sekitarnya. Pola osilasi yang terjadi dinamakan sebagai gelombang. Gelombang mempunyai pola sama yang berulang pada interval tertentu yang sebagai periode. pengiriman file audio sering kali terhambat karena besarnya ukuran file yang dikirim. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut penulis menggunakan metode five-modulus. Kompresi data merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memperkecil sebuah ukuran file yang sebenarya, umumnya cara yang dilakukan dalam proses kompresi sebuah data adalah dengan cara mengkodekan bit. Kompresi data bertujuan untuk meminimalkan kebutuhan memori untuk merepresentasikan data digital sehingga tidak membutuhkan kapasitas media penyiman yang besar. Kompresi data bertujuan untuk meminimalkan kebutuhan memori untuk merepresentasikan data digital sehingga tidak membutuhkan kapasitas media penyimpana yang besar.Prinsip umum yang digunakan pada proses kompresi adalah mengurangi duplikasi data sehingga memori untuk merepresentasikan menjadi lebih sedikit dari pada representasi data digital semula. Dalam proses kompresi juga terdapat rasio yaitu perbandingan antara ukuran file yang asli dan file yang telah dikompres. Dengan mengimplementasikan  metode five modulus pada kompresi file ini bertujuan untuk mengkompresi file audio dengan kapasitas yang besar. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan maka kompresi file audio diharapkan bisa membantu menyelesaikan masalah kapasitas ukuran file dalam media penyimpanan sehingga memberikan hasil yang akurat dan tepat.

Kata Kunci : Kompresi, Metode Five Modulus, File Audio

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 5 times | PDF View: 1 times

References

F. A. Jassim, M. Eye, and E. Infirmary, “Image Compression by Embedding Five Modulus Method into JPEG,” no. October, 2014.

F. Nirma, S. Damanik, A. A. Lubis, B. E. Ezer, and H. W. Siregar, “Perbandingan Kompresi Citra Metode Five-Modulus dan Kuantisasi dengan Perbaikan Citra Histogram-Equalization,” vol. 18, no. 1, pp. 57–70, 2017.

A. Kadir, Pengenalan Ssitem Informasi. 2003.

D. M. Siregar, “Analisis dan Perancangan Algoritma Arithmetic Coding dalam Kompresi File Audio,” 2011.

Q. Firas A. Jassin, Hind E, “Lima Metode Modulus Untuk Kompresi Gambar,” 2012.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implementasi Five Modulus Untuk Kompresi File Audio

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PELITA INFORMATIKA )

Program Studi Teknik Informatika - STMIK Budi Darma
Website : http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : syahrizal83.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
PELITA INFORMATIKA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License