Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Customer Terbaik Penerima Penghargaan Menggunakan Metode AHP (Analytichal Hierarchy Process) Dan WSM (Weight Sum Model) Pada Showroom Mobil PT. Astra International , Tbk-Daihatsu Branch Medan

 (*)Arif Ramen Hasonongan Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Berkembangnya dunia automotif pada saat ini seiring dengan dengan berkembang dunia tekhnologi yang tidak lagi terbendung. Untuk itu perusahaan automotif pada masa sekarang  ini perlu berpikir keras dalam menghadapi pangsa pasar nya, karena hal itu sangat mempengaruhi berkembangnya perusahaan tersebut. Belum lagi menghadapi persaingan sesama perusahaan yang sama bidangnya, maka dari sangat diperlukan inovasi baru nagi perusahaan. Itu semua agar konsumen/Customer memiliki tingkat kepuasaan. Daripada itu Perusahaan harus membuat suatu inovasi agar kepuasan konsumen terjamin. Dengan mengadakan suatu agenda pemilihan customer terbaik sebagai penerima penghargaan dengan membuat sebuah sistem pendukung keputusan menggunkan algoritma AHP dan WSM , sebagai langkah awal untuk mengatasi permasalahn dalam hal kepuasan konsumen. Pada penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan algoritma AHP dan WSM, dengan langkah- langkah  yang sesuai dengan algoritma dihasilkan sebuah hasil akhir dengan perangkingan. Dimana perangkingan tersebut dapat dilihat dari penerima hasil tertinggi sebagai customer terbaik  penerima pengghargaan dari pihak perusahaan. Dan hadiah atau reward akan disepakati oleh pihak perusahaan sebagi penyelenggara agenda tersebut. Dan dari penelitian ini diharapkan  dapat membantu pihak perusahaan untuk mengatasi permasalah customer.

Kata Kunci : Customer, Sistem Pendukung Keputusan , Metode AHP, Metode WSM

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 34 times | PDF View: 10 times

References

R. M. Tampubolon and N. A. Hsb, “BARU MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP ) ( STUDI KASUS : PT . BTN ),” pp. 41–46, 2017.

B. Sinaga and T. Informatika, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN ASURANSI DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT DAN WEIGHTED SUM MODEL PADA PT . PRUDENTIAL,” vol. 1, no. 2, pp. 59–64, 201 [3] A. K. dan CH.Terra, “Pengatar Teknologi Informatika :Edisi Revisi,” vol. 1, p. 1, 2013.

H. Wijaya, “,‘ Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pada CV Karya Sukses Prima Palembang’,” vol. 1, 2016.

Simon, “Siste Pendukung Keputusan Menggunakan WSM,” p. 4, 2017.

Ali.H, Marketing dan kasus -kasus pilihan. yogyakarta: CAPS, 2014.

S. Pendukung, K. Pemilihan, K. Safitri, and F. T. Waruwu, “BERPRESTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIEARARCHY PROCESS ( Studi Kasus : PT . Capella Dinamik Nusantara Takengon ),” vol. 1, no. 1, pp. 17–21, 2017.

B. Sinaga and T. Informatika, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN ASURANSI DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT DAN WEIGHTED SUM MODEL PADA PT . PRUDENTIAL,” vol. 1, no. 2, pp. 59–64, 201 [3] A. K. dan CH.Terra, “Pengatar Teknologi Informatika :Edisi Revisi,” vol. 1, p. 1, 2013.

E. . Dicky Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making (MCDM). yogyakarta: Deepublish, 2017

Abdul Kadir dan Ch. Terra, “Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi,” vol. 1, no. 1, 2013.

Christian Putri Tata Surbakti, “Sistem Informasi,” vol. 1, no. 1, 2012

Hendrayudi, VB 2008 Untuk Berbagai Keperluan Pemrograman. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2009.

N. Ndruru, Mesran, F. T. Waruru, and D. P. Utomo, “Penerapan Metode MABAC Untuk Mendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Kepala Cabang Pada PT. Cefa Indonesia Sejahtera Lestari,” Resolusi Rekayasa Tek. Inform. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 36–49, 2020.

S. W. Pasaribu, D. P. Utomo, and Mesran, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Account Officer Menerapkan Metode EXPROM II (Studi Kasus: Bank Sumut),” J. Inf. Syst. Res., vol. 1, no. 3, pp. 175–188, 2020.

Nurjannah and D. P. Utomo, “Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Colour Guard Pada Marching Band Ginada Dengan Menggunakan Metode Vikor Dan Borda,” JUKI J. Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 35–48, 2020.

Mesran, Suginam, and Dito, “Implementation of AHP and WASPAS (Weighted Aggregated Sum Product Assessment) Methods in Ranking Teacher Performance,” IJISTECH (International J. Inf. Syst. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 173–182, 2020.

Mesran, K. Ulfa, D. P. Utomo, and I. R. Nasution, “Penerapan Metode VlseKriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (VIKOR) dalam Pemilihan Air Conditioner Terbaik,” Algoritm. J. ILMU Komput. DAN Inform., vol. 4, no. 1, pp. 24–35, 2020.

F. Pratiwi, F. T. Waruru, D. P. Utomo, and R. Syahputra, “Penerapan Metode ARAS Dalam Pemilihan Asisten Perkebunan Terbaik Pada PTPN V,” Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 651–662,

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Customer Terbaik Penerima Penghargaan Menggunakan Metode AHP (Analytichal Hierarchy Process) Dan WSM (Weight Sum Model) Pada Showroom Mobil PT. Astra International , Tbk-Daihatsu Branch Medan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PELITA INFORMATIKA )

Program Studi Teknik Informatika - STMIK Budi Darma
Website : http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : syahrizal83.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
PELITA INFORMATIKA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License