PENERAPAN ALGORITMA RSA DAN DES PADA PENGAMANAN FILE TEKS

 (*)Nada Safarina Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Kriptografi merupakan bidang yang sangat banyak di-implementasikan saat ini dalam bidang pengamanan digital. Metode kriptografi terus berkembang mulai dari kriptografi simetris yang menerapkan kunci identik pada proses enkripsi dan dekripsi sampai metode kriptografi asimetris yang menerapkan kunci public dan private dalam proses enkripsi dan dekripsinya. Beberapa metode yang cukup dikenal saat ini salah satunya adalah metode RSA. Metode RSA merupakan metode enkripsi yang menerapkan kunci public dan kunci private pada proses enkripsi dan dekripsinya. Hal ini membuat algoritma RSA cukup baik dalam mengautentikasi pengirim dan penerima. Namun algoritma RSA merupakan metode yang cukup sederhana sehingga banyak kasus kriptanalisis pada chiperteks hasil RSA. Untuk mengatasi itu pada penelitian ini dilakukan kombinasi algoritma RSA yang memiliki keunggulan dalam penerapan kunci asimetris dengan algoritma yang memiliki kompleksitas tinggi sehingga memiliki daya tahan yang cukup baik seperti DES. Sistem yang dikembangkan pada penelitian ini menunjukkan kombinasi berjalan cukup baik dimana proses enkripsi dan dekripsi membutuhkan kunci yang berbeda sehingga meningkatkan kemanan di sisi autentikasi serta memiliki chiperteks yang lebih kompleks hasil proses enkripsi algoritma DES.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 251 times
PDF - 559 times

References

Ariyus, D. (2011). Keamanan Multimedia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hayden, R. (2010), Cryptography: RSA and the discrete logarithm problem. Advanced Maths Lectures. Department of ComputingImperial College London 3. Andri. M. Yuli, (2009), Implementasi Algoritma Kriptografi DES, RSA dan Algoritma Kompresi LZW pada Berkas Digital. Universitas Sumatera Utara.

Wardah, Irjatul. (2011). Kriptografi Pengiriman Image Pada Telephone Seluler Menggunakan Algoritma Des. UIN. Malang.

Zdancewic, S. (2014). Stream and Block Cipher Functions. ISE 334/SE 425: Communication, ECommerce, and Information Security.

Mahajan, P., & Sachdeva, A. (2013). A Study of Encryption Algorithms AES, DES, and RSA for Security. Global Journal of Computer Science and Technology Network, Web & Security.

Septialoka, D. K. (2015). Aplikasi Bilangan Prima Dalam Pemanfaatan Algoritma RSA untukKeamanan Dokumen Negara. Institut Teknologi Bandung.

Ibrahim, R. N. (2012). Kriptografi Algoritma Des, Aes/Rijndael, Blowfish Untuk Keamanan Citra Digital Dengan Menggunakan Metode Discrete Wavelet Transformation (Dwt). Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 6, No. 2.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PENERAPAN ALGORITMA RSA DAN DES PADA PENGAMANAN FILE TEKS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PELITA INFORMATIKA )

Program Studi Teknik Informatika - STMIK Budi Darma
Website : http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : syahrizal83.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
PELITA INFORMATIKA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License