SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKRUTMEN KARYAWAN BARU MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS: PT. PEGADAIAN (PERSERO) KANWIL I MEDAN)

 (*)Florida Situmorang Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran.  Banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan SPK, salah satunya adalah rekrutmen karyawan baru. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam membangun suatu Sistem Pendukung Keputusan diantaranya adalah Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Sistem (TOPSIS).Topsis merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam memecahkan permasalahan yang bersifat multikriteria, seperti dalam Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Karyawan Baru. Penelitian in menggunakan metode TOPSIS  dalam menentukan kelayakan karyawan baru dalam PT. Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan. Dalam rekrutmen karyawan baru PT. Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan, ada beberapa kriteria menjadi dasar pengampilan keputusan antara lain: Seleksi Administrasi, Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris,  Psikotes, Tes Kesehatan, Wawancara, On the Job Training. Adapun tujuan sistem ini dibuat adalah untuk mempermudah dalam pemilihan karyawan baru yang layak. Dalam perancangan Aplikasi rekrutmen karyawan baru, penulis menggunakan database MysQL dan Microsoft Visual Studio Net IDE 2008.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 474 times

References

Kusrini, M.Kom, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2007

Sri Kususma Dewi, dkk, “Fuzzy Multi Attribute Decision Making”, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, Edisi 1, 2006

Garry Desseler, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Penerbit Prenhallindo, Jakarta, Edisi 2

Mesran, M.Kom, “Diktat Perkuliahan Pemograman Visual”, Medan 2013

Julius Hermawan, “Analisa Desain dan Pemograman Berorientasi Objek dengan UML dan VB, Net”, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2014

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKRUTMEN KARYAWAN BARU MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS: PT. PEGADAIAN (PERSERO) KANWIL I MEDAN)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PELITA INFORMATIKA )

Program Studi Teknik Informatika - STMIK Budi Darma
Website : http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : syahrizal83.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
PELITA INFORMATIKA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License