PERANCANGAN APLIKASI GAME SIMULASI LALU LINTAS BERBASIS ANDROID DENGAN METODE QUAD-TREE

 (*)Eryawan Rifandi Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Penggunaan media sebagai sarana belajar merupakan hal yang tepat dan menarik dalam pengenalan rambu-rambu lalu lintas untuk meningkatkan pengetahuan. Aplikasi permainan simulasi lalu lintas merupakan media yang dijalankan di smartphone android sebagai sarana mengenal dan mempelajari jenis rambu-rambu lalu lintas.Metode penelitian dalam merancang permainan simulasi lalu lintas yaitu Quad-Tree yang melakukan pengecekan (collision) benturan / tabrakan dua objek yang berbeda pada area permainan dua dimensi dengan membagi arena permainan berukuran sama apabila ada dua objek atau lebih berada di wilayah yang sama maka bagi lagi wilayah tersebut menjadi empat bagian yang berukuran sama sampai tidak ada objek yang berada di wilayah yang sama.  Memberikan pengetahuan yang menarik dan sambil bermain kepada masyarakat maka dirancang sebuah aplikasi game simulasi lalu lintas untuk memberikan pengetahuan dari perlengkapan jalan yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat atau perpaduan diantaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk dalam permainan simulasi lalu lintas

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 375 times

References

Damar P, Punto. (2015). “Bikin Game Tanpa Coding dengan Construct 2”, ANDI : Yogyakarta.

Hilmi Masruri, M, (2015). "Buku Pintar Android", PT Alex Media Komputindo : Jakarta. [3] Kurniawati, Rachel. DKK, (2015). "Interaksi Aplikasi Android dengan Json Web Service berbasis PHP", Cahaya Atma Pustaka : Yogyakarta. 3. Nugroho, Adi, (2010). "Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP", C.V Andi Offset : Yogyakarta.

Roger S, Pressman. (2002). “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku. Satu)”, ANDI : Yogyakarta.

Susilawati. (2014). "Perancangan Game Space Ship Dengan Metode Quad Tree", Jurnal Pelita Informatika Budi Darma.

Sa'ud, Udin Syaefudin. (2005). "Perencanaan Pendidikan", Rosda : Bandung .Suryanto, ST, MSc. (2007). "Artificial Intelligence Searching, Reasoning, Planning and Learning”, Informatika : Bandung.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PERANCANGAN APLIKASI GAME SIMULASI LALU LINTAS BERBASIS ANDROID DENGAN METODE QUAD-TREE

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PELITA INFORMATIKA )

Program Studi Teknik Informatika - STMIK Budi Darma
Website : http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : syahrizal83.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
PELITA INFORMATIKA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License