PERANCANGAN APLIKASI GAME SIMULASI LALU LINTAS BERBASIS ANDROID DENGAN METODE QUAD-TREE
Abstract
Penggunaan media sebagai sarana belajar merupakan hal yang tepat dan menarik dalam pengenalan rambu-rambu lalu lintas untuk meningkatkan pengetahuan. Aplikasi permainan simulasi lalu lintas merupakan media yang dijalankan di smartphone android sebagai sarana mengenal dan mempelajari jenis rambu-rambu lalu lintas.Metode penelitian dalam merancang permainan simulasi lalu lintas yaitu Quad-Tree yang melakukan pengecekan (collision) benturan / tabrakan dua objek yang berbeda pada area permainan dua dimensi dengan membagi arena permainan berukuran sama apabila ada dua objek atau lebih berada di wilayah yang sama maka bagi lagi wilayah tersebut menjadi empat bagian yang berukuran sama sampai tidak ada objek yang berada di wilayah yang sama. Memberikan pengetahuan yang menarik dan sambil bermain kepada masyarakat maka dirancang sebuah aplikasi game simulasi lalu lintas untuk memberikan pengetahuan dari perlengkapan jalan yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat atau perpaduan diantaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk dalam permainan simulasi lalu lintasReferences
Damar P, Punto. (2015). “Bikin Game Tanpa Coding dengan Construct 2â€, ANDI : Yogyakarta.
Hilmi Masruri, M, (2015). "Buku Pintar Android", PT Alex Media Komputindo : Jakarta. [3] Kurniawati, Rachel. DKK, (2015). "Interaksi Aplikasi Android dengan Json Web Service berbasis PHP", Cahaya Atma Pustaka : Yogyakarta. 3. Nugroho, Adi, (2010). "Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP", C.V Andi Offset : Yogyakarta.
Roger S, Pressman. (2002). “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku. Satu)â€, ANDI : Yogyakarta.
Susilawati. (2014). "Perancangan Game Space Ship Dengan Metode Quad Tree", Jurnal Pelita Informatika Budi Darma.
Sa'ud, Udin Syaefudin. (2005). "Perencanaan Pendidikan", Rosda : Bandung .Suryanto, ST, MSc. (2007). "Artificial Intelligence Searching, Reasoning, Planning and Learningâ€, Informatika : Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).