Perancangan Aplikasi Deteksi Citra Mentimun Yang Berkualitas Denganmetode Transformasi Haar Wavelet

 (*)Rapita Sari Berutu Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Mentimun (Cucumis sativus L.) salah satu tanaman yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae (tanaman labu-labuan), yang sangat disukai oleh semua lapisan masyarakat. Buahnya dapat dikonsumsi dalam bentuk segar, pencuci mulut atau pelepas dahaga, bahan kosmetika, dan dapat dijadikan bahan obat-obatan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dalam makanan dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Deteksi adalah suatu proses untuk memeriksa atau melakukan pemeriksaan terhadap sesuatu dengan menggunakan cara dan teknik tertentu. Deteksi dapat digunakan untuk berbagai masalah, misalnya dalam sistem pendeteksi sebuah mentimun. Citra adalah suatu representasi (gambaran), kemiripan, atau imitasi dari suatu objek. Citra sebagai keluaran suatu sistem perekaman data dapat bersifat optik berupa foto, bersifat analog berupa sinyal-sinyal video seperti gambar pada monitor televisi, atau bersifat digital yang dapat langsung disimpan pada suatu media penyimpan. Wavelet adalah suatu teknik matematika yang bermanfaat untuk analisis numerik dan manipulasi dari kumpulan satu atau dua dimensi sinyal. Proses transformasinya bekerja seperti sebuah mikroskop yang menguji secara rinci dengan membagi sinyal ke dalam komponen frekuensi yang berbeda yang dipetakan ke dalam koefisien dengan energi yang berbeda. Alasan menggunakan Haar Wavelet karena merupakan metode yang lebih bagus digunakan untuk merepresentasikan ciri tekstur dan bentuk. Disamping itu Haar Wavelet memerlukan waktu komputasi yang lebih kecil dari pada transformasi wavelet lainnya, ciri diperoleh dari citra yang telah melewati proses dekomposisi. yakni double untuk dapat dioperasikan

Kata Kunci : Mentimun, Deteksi Citra, Wavelet.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 136 times
PDF - 25 times

References

L. Novamizanti and A. Kurnia, “Analisis Perbandingan Kompresi Haar Wavelet Transform dengan Embedded Zerotree Wavelet pada Citra,” Telkomnika, vol. 3, no. 2, pp. 2338–8323, 2015.

“No Title,” 2003.

A. Juansyah, “PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKER BERBASIS ASSISTED – GLOBAL POSITIONING SYSTEM ( A-GPS ) DENGAN PLATFORM ANDROID Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ),” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2015.

S. Komputer, K. Kunci, D. Tepi, and O. Eigenface, “5.3 Hal 17 - 21 JIM_PERBANDINGAN KINERJA METODE DETEKSI TEPI PADA PENGENALAN OBJEK MENGGUNAKAN OpenCV,” J. Inform. Mulawarman, vol. 11, no. 2, pp. 17–21, 2016.

A. Ritonga, “Implementasi Pengolahan Citra Dalam Proses Deteksi Tepi Dengan Metode Laplacian of,” vol. 1, no. 2, pp. 20–22, 2016.

J. Antivirus, J. Informatika, F. Teknologi, U. Islam, and B. Blitar, “Computing Grayscale of Face Detection Menggunakan Metode Sobel Dan,” vol. 11, no. 1, pp. 26–34, 2017.

Abdurrazak, M. Hatta, and A. Marliah, “Plant growth and yield of cucumber (Cucumis sativus L.) in response to different spacing and seed numbers per hole,” J. Agrista, vol. 17, no. 2, pp. 55–59, 2013.

S. Yadi, L. Karimuna, and L. Sabaruddin, “P ENGARUH P EMANGKASAN DAN P EMBERIAN P UPUK O RGANIK T ERHADAP P RODUKSI T ANAMAN M ENTIMUN ( Cucumis sativus L .) Effects of Pruning and Organic Fertilizer on the Yield of,” Berk. Penelit. Agron., vol. 1, no. 2, pp. 107–114, 2012.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Perancangan Aplikasi Deteksi Citra Mentimun Yang Berkualitas Denganmetode Transformasi Haar Wavelet

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License