Penerapan Algoritma Levenstein Pada Aplikasi Kompresi File Gambar

 (*)Mufan Sari Wahyuni Lubis Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Pada saat ini perkembangan dalam dunia teknologi berkembang sangat pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat dalam memperoleh informasi secara cepat. Berbagai macam fasilitas teknologi terus dikembangkan agar masyarakat dapat melakukan pertukaran informasi dalam bentuk gambar atau citra, teks, dan audio dengan baik. Gambar (citra) merupakan hal yang vital dan menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Keterbatasan media penyimpanan menjadi kendala untuk mengelola suatu gambar atau citra. Untuk mengatasi masalah tersebut maka data di kompresi untuk mengurangi ukurannya. Salah satu kegunaan kompresi adalah untuk memperkecil kapasitas kosong dalam memori media penyimpanan, agar kita tidak terlalu boros menggunakan media penyimpanan tersebut. Kompresi data berarti suatu teknik untuk memampatkan data agar diperoleh data dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran aslinya sehingga lebih efisien dalam menyimpannya serta mempersingkat waktu pertukaran data tersebut. Dengan adanya kompresi diharapkan dapat menghemat biaya serta waktu yang dikeluarkan guna menambah fasilitas media penyimpanan data pada komputer serta mempercepat proses transfer data.

Kata Kunci: Kompresi Data, Algoritma Levenstein, File Gambar, Citra, BMP,  Grayscale

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 33 times

References

M. I. Dzulhaq, “Aplikasi Kompresi File Dengan Metode Lempel-Ziv-Welchof,” J. Sisfotek Glob., vol. 4, no. 1, pp. 1–4, 2014.

C. T. Utari, “IMPLEMENTASI ALGORITMA RUN LENGTH ENCODING UNTUK PERANCANGAN APLIKASI KOMPRESI DAN DEKOMPRESI FILE CITRA,” J. TIMES, vol. V, no. 2, pp. 1–8, 2016.

R. Krasmala, A. B. Purba, U. T. Lenggana, and T. Informatika, “Kompresi Citra Dengan Menggabungkan Metode Discrete Cosine Transform ( DCT ) dan Algoritma Huffman,” JOIN, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2017.

E. B. Nababan and M. Zarlis, “Results Analysis of Text Data Compression On Elias Gamma Code , Elias Delta Code and Levenstein Code,” vol. 4, no. 9, 2014.

D. Putra, Pengolahan Citra Digital. Andi, 2010.

N. Mancelina, “PENERAPAN METODE PERBANDINGAN EKSPONENSIAL DALAM MENGANALISA KINERJA ALGORITMA FIXED LENGTH BINARY ENCODING DENGAN VARIABLE LENGTH BINARY ENCODING,” vol. 2, no. 1, pp. 1–4, 2017.

T. et al Sutoyo, Teori Pengolahan Citra Digital. Andi, 2009.

P. D. Dr. Suarga, M. Sc., M. Math., Algoritma dan Pemograman. Andi, 2006.

D. Salomon, Handbook of Data Compression. Springer-Verlag London Limited, 2010.

R. A. S, Rekaya Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung, 2015.

W. Komputer, Panduan Aplikatif dan Solusi (PAS) Membangun Aplikasi Toko dengan Visual Basic 2008. Yogyakarta: Andi, 2009.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penerapan Algoritma Levenstein Pada Aplikasi Kompresi File Gambar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License