Penerapan Algoritma Viterbi Dalam Memprediksi Jumlah Penumpang (Studi Kasus: PT. ALS)
Abstract
Bus merupakan alat transportasi yang dapat membawa penumpang dalam jumlah yang banyak jika dibandingkan dengan alat transportasi darat lainnya. Pada hari – hari tertentu lonjakan penumpang sering terjadi. Akibatnya, armada bus yang telah disediakan tidak dapat menampung keseluruhan penumpang, dan gagal diberangkatkan.Setiap perusahaan bus dituntut untuk selalu cepat tanggap dalam menangani permasalahan ini. Cara yang sering dilakukan adalah menambah jumlah armada bus yang dibutuhkan. Namun, berapa jumlah armada yang harus ditambah tidak dapat diketahui. Untuk mengatasi permasalahan ini, dibutuhkan cara yang dapat memprediksi berapa jumlah penumpang yang akan menaiki bus, sehingga perusahaan dapat menyediakan berapa jumlah armada yang digunakan. Sistem memprediksi jumlah penumpang menggunakan algoritma Viterbi. Algoritma Viterbi menggunakan konsep dynamic programming dalam menentukan rangkaian status yaitu nilai maksimal probabilitas status pada setiap tahap. Sistem ini diharapkan dapat memprediksikan jumlah penumpang bus, agar perusahaan dapat mempersiapkan jumlah armada bus yang disediakan pada tahun berikutnya.
Kata kunci : Penumpang, Prediksi, ViterbiReferences
Ajib, A.L. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penerapan Sitem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) PT. Kubota Indonesia. FKM : Universitas Muhammadiyah Semarang.
Munir, Rinaldi. Algoritma dan pemrograman : Dalam bahasa pascal dan C, Informatika, Bandung, 2011.
Adriana, A.N. dan Rusli. 2012. “Analisis Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Metode Springate Pada Perusahaan Foods And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010â€. Jurnal Repository. FE Universitas Riau.
Darmaningtyas 2014, Subsidi Bagi Penumpang Kereta Api, dimuat di harian sore Suara Pembaruan, Jumat 10 Oktober 2014
hendra setiawan, "implementasi dan pengujian algoritma viterbi pada platform labview," Prosiding Snatif, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).