Penerapan Algoritma Viterbi Dalam Memprediksi Jumlah Penumpang (Studi Kasus: PT. ALS)

 (*)Mustafa Kamal Selian Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Bus merupakan alat transportasi yang dapat membawa penumpang dalam jumlah yang banyak jika dibandingkan dengan alat transportasi darat lainnya. Pada hari – hari tertentu lonjakan penumpang sering terjadi. Akibatnya, armada bus yang telah disediakan tidak dapat menampung keseluruhan penumpang, dan gagal diberangkatkan.Setiap perusahaan bus dituntut untuk selalu cepat tanggap dalam  menangani permasalahan ini. Cara yang sering dilakukan adalah menambah jumlah armada bus yang dibutuhkan. Namun, berapa jumlah armada yang harus ditambah tidak dapat diketahui. Untuk mengatasi permasalahan ini, dibutuhkan cara yang dapat memprediksi berapa jumlah penumpang yang akan menaiki bus, sehingga perusahaan dapat menyediakan berapa jumlah armada yang digunakan. Sistem memprediksi jumlah penumpang menggunakan algoritma Viterbi. Algoritma Viterbi menggunakan konsep dynamic programming dalam menentukan rangkaian status yaitu nilai maksimal probabilitas status pada setiap tahap. Sistem ini diharapkan dapat memprediksikan jumlah penumpang bus, agar perusahaan dapat mempersiapkan jumlah armada bus yang disediakan pada tahun berikutnya.

Kata kunci : Penumpang, Prediksi, Viterbi

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 79 times | PDF View: 31 times

References

Ajib, A.L. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penerapan Sitem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) PT. Kubota Indonesia. FKM : Universitas Muhammadiyah Semarang.

Munir, Rinaldi. Algoritma dan pemrograman : Dalam bahasa pascal dan C, Informatika, Bandung, 2011.

Adriana, A.N. dan Rusli. 2012. “Analisis Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Metode Springate Pada Perusahaan Foods And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010”. Jurnal Repository. FE Universitas Riau.

Darmaningtyas 2014, Subsidi Bagi Penumpang Kereta Api, dimuat di harian sore Suara Pembaruan, Jumat 10 Oktober 2014

hendra setiawan, "implementasi dan pengujian algoritma viterbi pada platform labview," Prosiding Snatif, 2017.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penerapan Algoritma Viterbi Dalam Memprediksi Jumlah Penumpang (Studi Kasus: PT. ALS)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License