Implementasi Algoritma Longest Common Subsequence Dengan Algoritma Genetika Pada Permainan Word Search Puzzle
Abstract
Permainan word search adalah permainan untuk menemukan sejumlah kata dari sebuah matrix of char. Kata adalah kumpulan dari karakter yang memiliki suatu makna tertentu. Kata-kata yang dicari pada permainan ini dapat dibaca dari kiri kekanan, atas kebawah, diagonal dan sebaliknya tergantung letak kata tersebut pada matrix of char. Pencarian sejumlah kata tersebut pada permainan ini dapat menggunakan algoritma Longest Common Subsequence (LCS). Longest Common Subsequence (LCS) dan Genetika. Algoritma Longest Common Subsequence (LCS) adalah algoritma perbandingan dengan menggunakan If Condition, dan metode Longest Common Subsequence (LCS) yaitu merupakan pencarian yang terpanjang pada rangkaian sub kata. Algoritma ini merupakan algoritma pencocokan string yang cukup baik. Semua kemungkinan solusi akan dicoba dan divalidasi oleh algoritma Longest Common Subsequence (LCS) dan Genetika hingga mendapatkan solusi yang benar-benar sesuai dengan aturan permasalahan. Aplikasi yang dibangun bertujuan untuk memudahkan pemain dalam mencari kata dalam permainan mencari kata, sehingga pemain dapat segera mengetahui letak kata-kata yang tersembunyi di papan permainan. Hasil yang diperoleh dari aplikasi yang dibangun adalah bahwa implementasi Longest Common Subsequence (LCS) dan Genetika dapat menyelesaikan penyelesaian permainan mencari kata secara tepat dan benar.
Kata Kunci : Penerapan, Longest Common Subsequence, Genetika, Work search puzzleReferences
Ekaputri, 2006, Aplikasi Algoritma Pencarian String Knuth-Morris-Pratt, Informatika, Bandung
Randy Cahya Wihandika, 2006, Penyelesaian Puzzle Sudoku Menggunakan Algoritma Genetika, Instut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.
Atmo pawiro, Alsasian. 2006. Pengkajian dan Analisis Tiga Algoritma Efisien Rabin-Karp, Knuth-Morris-Pratt dan Boyer-Moore dalam Pencarian Pola dalam Suatu Teks. Institut Teknologi Bandung.
Munir, Rinaldi. 2007. StGrategi Algoritmik Bandung: Program Studi Teknik Informatika STEI ITB
Carras C, Lecroq (2005:1) yang dikutip dari Arie Minandar, Andri Tanoto, Davis Tanadi, darijurnal Aplikasi Algoritma Pencarian String Boyer-Moore
Hemris Simalango, 2016. Rancang Bangun Game Teka-Teki Silang (TTS) Dengan Metode Longest Common Subsequence (LCS). Junal Tekni Informatika, Universitas Prima Indonesia. Medan
Jimmy Hadinata, 2011. Problem Solving Sudoku Menggunakan Algoritma Genetika. Jurnal Ilmiah Sisfotenika. Vol. 1, No 1 Januari. Kalimantan barat.
Adi Nugroho, 2010, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Penerbit ANDI : Yogyakarta.
Indrajani, S.Kom, MM. 2010. Perancangan Basis Data Dalam Allin1. Alex Media Komputindo. Jakarta.
Priyanto, Rahmat, 2009, Langsung Bisa Visual Basic.Net 2008 ,Penerbit ANDI, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).