Implementasi Data Mining Pada Prediksi Pemesanan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Kimia Farma)

 (*)Muhammad Arifin Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

PT. Kimia Farma mengalami peningkatan order setiap harinya. Produk obat yang dipesan berdasarkan jenis permintaan dan kebutuhan pelanggan.Untuk mengetahui obat yang paling banyak dipesan dibutuhkan Algoritma Apriori untuk dapat mengetahuinya. Data mining merupakan proses analisis data menggunakan perangkat lunak untuk menemukan pola dan aturan (rules) dalam himpunan data. Dalam penelitian ini akan dibahas Association Rule sebagai salah satu fungsi data mining yang diimplementasikan dengan menggunakan Algoritma Apriori. Penting tidaknya suatu asosiasi dapat diketahui dengan dua tolak ukur, yaitu support dan confidence. Support (nilai penunjang) adalah persentase kombinasi item dalam database sedangkan confidence (nilai kepastian) adalah kuatnya hubungan antar-item dalam aturan asosiasi. Pemesanan dibutuhkan karena tingkat permintaan yang tidak beraturan. Persediaan barang dilakukan agar pada saat dibutuhkan barang-barang tersebut tersedia. Salah satu masalah dalam order barang adalah kesulitan dalam menentukan besarnya jumlah persediaan yang harus disediakan dalam memenuhi jumlah permintaan. Masalah yang sering timbul adalah terjadinya stockout (kehabisan persediaan) sehingga menimbulkan kekecewaan konsumen atau pelanggan, selain itu juga sering terjadi kelebihan barang.

Kata Kunci: Data mining, Pemesanan Obat, Algoritma Apriori

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 314 times
PDF - 108 times

References

Fajar Astuti Hermawan, 2013, ‘Artificial Intelegency’ Edisi Pertama, Yokyakarta, Penerbit Andi

Kusrini, Emma Taufiq Luthfi, 2009,‘ Intelejensi Buatan” Yokyakarta:Penerbit Andi

Fajar Astuti Hermawati, Data Mining 2013.

Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, Volume: IV, Nomor, 1, Agustus 2013 ISSN:2301-9425 “IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PERSEDIAAN OBAT (STUDI KASUS: APOTIK RUMAH SAKIT ESTOMIHI MEDAN). Efori Buulolo.

Pramudiono, Iko. Pengantar Data Mining: Menambang Permata Pengetahuan di Gunung Data. http://www.ilmukomputer.com 22Mei 2014.

http://fiy-a.blogspot.com/2011/07/ tutorial -microsoft- office-excel-2007.html (diakses 10 Juni 2018).

D. P. Utomo and B. Purba, "Penerapan Datamining pada Data Gempa Bumi Terhadap Potensi Tsunami di Indonesia," Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), vol. 1, pp. 846-853, 2019.

R. Amelia and D. P. Utomo, "ANALISA POLA PEMESANAN PRODUK MODERN TRADE INDEPENDENT DENGAN MENEREPAKAN ALGORITMA FP. GROWTH (STUDI KASUS: PT. ADAM DANI LESTARI)," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 416-423, 2019.

D. P. Utomo and M. Mesran, "Analisis Komparasi Metode Klasifikasi Data Mining dan Reduksi Atribut Pada Data Set Penyakit Jantung," JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4, no. 2, pp. 437-444, 2020.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implementasi Data Mining Pada Prediksi Pemesanan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Kimia Farma)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License