Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Koperasi Pada Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara Menggunakan Metode Promethee II

 (*)Hotmelinsa Situmorang Mail (Universitas Budi Darma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Ketua koperasi dipilih dari pegawai yang sudah masuk dalam anggota koperasi. Proses pemilihan ketua koperasi dilakukan dengan menginput data-data calon ketua koperasi, kemudian membandingkan kriteria-kriteria dari setiap alternatif. Pemilihan ketua koperasi tersebut dilakukan dengan menggunakan microsoft excel sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu  Penulis menerapkan metode Promethee II dalam pemilihan ketua koperasi di Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara sehingga membantu dan mempercepat proses pemilihan ketua koperasi. Metode promethee II adalah metode untuk melakukan penentuan atau pengurutan dalam suatu analisis multikriteria secara efisien dan simple dalam menyelesaikan masalah, metode ini juga sangat mudah untuk diterapkan daripada metode lainnya. Dari pemilihan calon ketua koperasi di Kemenkumham maka akan menghasilkan ketua koperasi yang sessuai dengan kriteria sehingga mampu mengendalikan seluruh kegiatan koperasi, memimpin, mengoordinir dan mengontrol jalannya aktifitas koperasi dan bagian-bagian yang ada didalamnya.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Promethee II, Ketua Koperasi

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 64 times | PDF View: 13 times

References

M. Wafi, R. S. Perdana, and W. Kurniawan, “Implementasi Metode Promethee II untuk Menentukan Pemenang Tender Proyek ( Studi Kasus : Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jawa Timur ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 11, pp. 1224–1231, 2017.

I. Saputra and M. Ariska, “PENERAPAN METODE PROMETHEE II PADA SISTEM LAYANAN DAN RUJUKAN TERPADU ( SLRT ) ( STUDI KASUS : DINAS SOSIAL KABUPATEN DELI SERDANG ),” vol. I, pp. 276–285, 2017.

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Andi Offset, 2007.

R. Ginting, Sistem Pendukung Keputusan. Medan: Graha Ilmu, 2014.

I. Fahmi, Manajemen Pengambilan Keputusan Teori dan Aplikasi. Bandung: PT. Alfabeta, 2016.

A.-B. Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Tangerang: Graha Ilmu, 2005.

P. P. Widodo, Menggunakan UML untuk Memodelkan Analisis & Desain Sistem Berorientasi. Bandung: Informatika, 2011.

R. A. S and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika, 2014.

P. Hidayatullah, Visual Basic Net. Bandung: Informatika, 2014.

Wahana Komputer dan Andi Offset, Membuat Aplikasi Client Server dengan Visual Basic 2008. Semarang: Andi Offset, 2010.

F. Pratiwi, F. T. Waruwu, D. P. Utomo and R. Syahputra, "Penerapan Metode Aras Dalam Pemilihan Asisten Perkebunan Terbaik Pada PTPN V," Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), vol. 1, no. 1, pp. 651-662, 2019.

S. W. Pasribu, D. P. Utomo and M. Mesran, "Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Account Officer Menerapkan Metode EXPROM II (Studi Kasus: Bank Sumut)," Journal of Information System Research (JOSH, vol. 1, no. 3, pp. 175-188, 2020.

Mesran, K. Ulfa, D. P. Utomo and I. R. Nasution, "Penerapan Metode VlseKriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (VIKOR) dalam Pemilihan Air Conditioner Terbaik," LGORITMA: JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA, vol. 4, no. 1, pp. 24-35, 2020.

M. Mesran, S. Suginam and D. P. Utomo, "Implementation of AHP and WASPAS (Weighted Aggregated Sum Product Assessment) Methods in Ranking Teacher Performance," IJISTECH (International Journal of Information System & Technology), vol. 3, no. 2, pp. 173-182, 2020.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Koperasi Pada Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara Menggunakan Metode Promethee II

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License