Implementasi Kriptografi Hibrida Dan Steganografi Ihwt Dalam Pengamanan Data Teks

 (*)Juni Arni Hutabarat Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Tindakan pencurian data sering terjadi dengan memanfaatkan teknologi informasi, khususnya informasi berupa data teks yang menerapkan bentuk penting dari informasi digital. Masalah keamanan data file teks ini menjadi masalah penting pada era teknologi informasi saat ini. Keamanan file difokuskan untuk memastikan kerahasian data. Keamanan data teks merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kerahasiaan informasi terutama yang berisi informasi sensitif yang hanya boleh diketahui isinya oleh pihak yang berhak saja, apabila data tersebut tidak diamankan terlebih dahulu, akan sangat mudah disadap dan diketahui isi informasinya oleh pihak-pihak yang tidak berhak. Jika file teks tersebut di ketahui oleh pihak lain maka dapat merugikan pihak yang bersangkutan.Kriptografi dan steganografi merupakan salah satu alat  keamanan yang digunakan untuk menyandikan  data teks karena dapat digunakan di segala bidang keamanan. Salah satunya kriptografi Hibrida dan steganografi IHWT (Integer Haar Wavelet Transform). Kriptografi hibrida merupakan kriptografi yang memakai kuci simetris dan asimetris.Pada penelitian ini, penulis akan membahas tentang Kriptografi Hybrida dan Steganografi IHWT. Pembahasan akan meliputi penjelasan, cara kerja, kelebihan dan kekurangannya. Penulis juga akan mencoba memberikan ulasan cara untuk meningkatkan tingkat keamanan teks dengan kriptografi Hybrida dan Steganografi IHWT.

Kata kunci: Kriptografi Hybrida, Data Teks, Steganografi IHWT

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 97 times | PDF View: 32 times

References

Agus Kurniadi, “Implementasi kriptografi ELGAMAL dalam keamanan pesan,” INFOTEK, vol. 1, pp. 1–5, 2016.

T. Cahyadi, “Implementasi steganografi LSB dengan enkripsi vigenere cipher pada citra JPEG,” TRANSIENT, vol. 1, pp. 1–8, 2012.

D. kartika Pane, “Implementasi data mining pada penjualan produk elektronik dengan Algoritma Apriori,” Pelita Inform. Budi Darma, vol. IV, pp. 1–5, 2013.

R. MUNIR, ALGORITMA & PEMOGRAMAN. Bandung: INFORMATIKA Bandung, 2011.

P. D. Dr.Suarga, M.Sc., M.Math., Algoritma dan Pemograman. YOGYAKARTA: CV ANDI OFFSET.

D. KAHN, THE CODEBREAKERS. New York: Library of Congress cataloging-in-publication Data is Available.

R. Sadikin, KRIPTOGRAFI UNTUK KEAMANAN JARINGAN. YOGYAKARTA: C.V ANDI OFFSET, 2012.

jon E. Bella Ariska, suroso, “Rancangan Kriptografi HYBRID kombinasi metode Vigenere Cipher dan ELGAMAL Pada pengamanan pesan Rahasia,” Semin. Nas. Inov. dan Apl. Teknol. di Ind., 2018.

F. H. S. Lisda Juliana Pangaribuan, “Kriptografi Hybrida Menggunakan Algoritma HILL Cipher dan algoritma RSA untuk keamanan pengiriman informasi pada Email,” KOMIK(konfersi Nas. Teknol. Inf. dan komputer), vol. 1, pp. 1–11, 2017.

H. T. S. Jane Irma Sari, Sulindawati, “Implementasi Penyembunyian Pesan Pada Citra Digital Dengan Menggabungkan Algoritma HILL Cipher dan metode Least Significant Bit(LSB),” J. mantik penusa, vol. 1, pp. 1–8, 2017.

A. Dita Angelia Suwiryo, Pulung Nurtantio, “Analisis Performa metode IHWT(Integer Haar Wavelet Transform) dan modulus function dengan metode IHWT dan PVD pada kualitas citra digital,” 2014.

D. G. J. M. A. Sabelfeld(Eds), Computer Security-ESORICS 2006. Germany, 2006.

D. Ariyus, Kriptografi keamanan data dan komunikasi. Graha Ilmu.

M. K. Pulung Nortantio Andono, S.T. and M. K. T.Sutojo, S.Si., Konsep Pengolahan Citra Digital. YOGYAKARTA: penerbit Andi, 2015.

P. D. Dr.Suarga, M.Sc., M.Math., Algoritma dan Pemrograman. YOGYAKARTA: Andi OFFset, 2012.

E. Winarno, “Microsoft Visual basic.net 2008,” p. 7, 2009.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implementasi Kriptografi Hibrida Dan Steganografi Ihwt Dalam Pengamanan Data Teks

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License