Aplikasi Kumpulan Manga Menggunakan Algoritma Maximal Shift Berbasis Android
Abstract
Manga merupakan sebuah komik yang pembuatannya di jepang, manga sendiri khusus digunakan untuk sebuah komik yang dibuat di jepang. Sesuai dengan gaya yang dikembangkan di jepang pada akhir abad ke-19. Manga khas Jepang umumnya menggunakan gaya atau style yang sederhana dalam menggambar, seperti mata besar, mulut kecil dan hidung yang sempit. Para penulis manga biasa di sebut Mangaka. Aplikasi pembaca manga yang ada saat ini tidak memberi fitur pencarian chapter manga. Algoritma Maximal shift untuk mencari pola dalam teks dengan cara pola dicari dari karakter yang memiliki nilai minshift terbesar hingga minshift terkecil. algoritma Maximal shift dapat digunakan untuk proses pencarian chapter atau judul manga pada aplikasi kumpulan manga, dengan menerapkan algoritma ini maka penulis berharap dapat mempercepat waktu dalam proses pencariannya. Dengan di terapkannya algoritma Maximal Shift pada sistem pencarian judul dan chapter manga berbasis android ini, maka diharapkan dapat melakukan proses pencarian dengan lebih mudah dan cepat. Sistem yang dibangun tersebut juga sangat praktis karena berbasis android, sehingga dapat dibawah kemana-mana.
Â
Kata Kunci : Manga, Maximal Shift, Android.
References
Wikipedia, “Komik,†Wikipedia, 2018. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Komik.
Wikipedia, “Manga,†Wikipedia, 2018. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Manga.
N. H. Safaat, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android.
Bandung: Informatika Bandung, 2015.
Suarga, Algoritma Pemograman, II. Yogyakarta: Andi, 2012.
A. W. D. Dhea, “Analisa Perbandingan Algoritma Maximal Shift Dengan Algoritma Quick Search Pada Aplikasi Kamus Farmakologi,†2016.
M. B. S. M. W. Hansun , Seng . Kristanda, Pemograman Android Dengan Android Studio IDE, 1st ed. Y: Andi, 2018.
Wikipedia, “Daftar Versi Android,†Wikipedia, 2018. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_versi_Android.
R. M.Salahudin, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Modulo, 2014.
M. E. Satyaputra, Alfa, Java For Beginners With Eclipse 4.2 Juno. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2012.
A. A. B. Ginting and D. P. Utomo, "PERANCANGAN APLIKASI CATALOG WISATA DI SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN-KARP," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 57-63, 2019.
M. P. Simatupang and D. P. Utomo, "ANALISA TESTIMONIAL DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA TEXT MINING DAN TERM FREQUENCY-INVERSE DOCUMENT FREQUENCE (TF-IDF) PADA TOKO ALLMEEART," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 808-814, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).