Aplikasi Kumpulan Manga Menggunakan Algoritma Maximal Shift Berbasis Android

 (*)Deni Irawan Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Manga merupakan sebuah komik yang pembuatannya di jepang, manga sendiri khusus digunakan untuk sebuah komik yang dibuat di jepang. Sesuai dengan gaya yang dikembangkan di jepang pada akhir abad ke-19. Manga khas Jepang umumnya menggunakan gaya atau style yang sederhana dalam menggambar, seperti mata besar, mulut kecil dan hidung yang sempit. Para penulis manga biasa di sebut Mangaka. Aplikasi pembaca manga yang ada saat ini tidak memberi fitur pencarian chapter manga. Algoritma Maximal shift untuk mencari pola dalam teks dengan cara pola dicari dari karakter yang memiliki nilai minshift terbesar hingga minshift terkecil. algoritma Maximal shift dapat digunakan untuk proses pencarian chapter atau judul manga pada aplikasi kumpulan manga, dengan menerapkan algoritma ini maka penulis berharap dapat mempercepat waktu dalam proses pencariannya. Dengan di terapkannya algoritma Maximal Shift  pada sistem pencarian judul dan chapter manga berbasis android ini, maka diharapkan dapat melakukan proses pencarian dengan lebih mudah dan cepat. Sistem yang dibangun tersebut juga sangat praktis karena berbasis android, sehingga dapat dibawah kemana-mana.

 

Kata Kunci : Manga, Maximal Shift, Android.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 61 times | PDF View: 5 times

References

Wikipedia, “Komik,” Wikipedia, 2018. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Komik.

Wikipedia, “Manga,” Wikipedia, 2018. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Manga.

N. H. Safaat, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android.

Bandung: Informatika Bandung, 2015.

Suarga, Algoritma Pemograman, II. Yogyakarta: Andi, 2012.

A. W. D. Dhea, “Analisa Perbandingan Algoritma Maximal Shift Dengan Algoritma Quick Search Pada Aplikasi Kamus Farmakologi,” 2016.

M. B. S. M. W. Hansun , Seng . Kristanda, Pemograman Android Dengan Android Studio IDE, 1st ed. Y: Andi, 2018.

Wikipedia, “Daftar Versi Android,” Wikipedia, 2018. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_versi_Android.

R. M.Salahudin, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Modulo, 2014.

M. E. Satyaputra, Alfa, Java For Beginners With Eclipse 4.2 Juno. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2012.

A. A. B. Ginting and D. P. Utomo, "PERANCANGAN APLIKASI CATALOG WISATA DI SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN-KARP," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 57-63, 2019.

M. P. Simatupang and D. P. Utomo, "ANALISA TESTIMONIAL DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA TEXT MINING DAN TERM FREQUENCY-INVERSE DOCUMENT FREQUENCE (TF-IDF) PADA TOKO ALLMEEART," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 808-814, 2019.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Aplikasi Kumpulan Manga Menggunakan Algoritma Maximal Shift Berbasis Android

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License