PENERAPAN MODEL PEMBELAJAR AN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNT UK MENINGKATKAN MOTIVASI, MINAT DAN HASIL BELAJAR MAHASISW A DIPLOMA III JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA PADA MATA KULI AH PAI MATERI ZAKAT HARTA KELAS MI - P1403 DI STMIK BUDIDARMA MEDANTAHUN AJARAN 2015 - 2016
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuanuntuk mengetahuitingkatan motivasi, minat dan hasil belajarmahasiswa Diploma III Kelas MI-P1403 pada mata kuliah PAA materi zakat harta sebelum penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe STAD dilaksanakan, tingkatan motivasi, minat dan hasil belajar mahasiswa ketikatindakan dilakukan dan tingkatan motivasi, minat dan hasil belajar mahasiswa setelah penerapan tindakandilaksanakan.Jenis penelitian ini merupakan penelitan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan datadianalisa dengan menbandingkan nilai tingkat motivasi, minat dan hasil belajar mahasiswa sebelum, sesaat dansesudah penerapan tindakan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus. Data dikumpul denganmenggunakan empat instrument penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dantes hasil belajar. Subjekpenelitian sebanyak 20 orang mahasiswa yaitu kelas MI-P1403 STMIK BUDIDARMA Medan.Berdasarkan hasilpenelitian setelah diberikan tindakan siklus IBerdasarkan hasil penelitian setelah diberikan tindakan siklus I dari20orang mahasiswa terdapat sebanyak6orang mahasiswa (30%) yang memilikimotivasibelajar dengan kategorirendah(Kurang Termotivasi), sebanyak3orang mahasiswa (15%) yang memilikimotivasibelajar kategori sedang(Termotivasi), dan sebanyak11orang mahasiswa (55%) yang memilikimotivasibelajar kategori tinggi (SangatTermotivasi).Adapun hasil penelitian tindakan siklus I tentang minat dari 20 orang mahasiswa terdapat sebanyak 4orang mahasiswa (20 %) yang memiliki minat belajar dengan katagori rendah ( Kurang Berminat) yang memilikiminat belajar katagori sedang sebanyak 7 orang (35%) dan 9 orang mahasiswa (45%) yang memiliki minat belajardengan katagori tinggi (Sangat Berminat).Kemudian setelah pemberian tindakan pada siklus II diperoleh20orangmahasiswa terdapat9orang mahasiswa yang memiliki motivasibelajar kategorisedang(45%),11 orangmahasiswayang memiliki motivasibelajar kategoritinggi(Sangat Termotivasi). Dan setelah pemberian pada siklus II terdapat11 orang mahasiswa memiliki minat belajar sedang (55%) dan 9 orang mahasiswa memilki minat belajar tinggi(45%). Sementara hasil belajar mahasiswa sebelum tindakan berada pada 69,05 rata rata kelas, atau sekitar 70%tingkat kelulusan. Setelah tindakan pada siklus I maka hasil belajar mahasiswa mengalami kenaikan dari rata ratakelas 74,05 atau sebanyak 85% dan mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata rata kelas 79,1 atau 100%tingkat kelulusan.Kata Kunci :model pembelajarn kooperatif tipe STAD, motivasi belajar, minat dan hasil belajarDownloads
Published
2020-09-05
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).