PENERAPAN MODEL PEMBELAJAR AN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNT UK MENINGKATKAN MOTIVASI, MINAT DAN HASIL BELAJAR MAHASISW A DIPLOMA III JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA PADA MATA KULI AH PAI MATERI ZAKAT HARTA KELAS MI - P1403 DI STMIK BUDIDARMA MEDANTAHUN AJARAN 2015 - 2016

 (*)ILHAM SYAH Mail (, —)

(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuanuntuk mengetahuitingkatan motivasi, minat dan hasil belajarmahasiswa Diploma III Kelas MI-P1403 pada mata kuliah PAA materi zakat harta sebelum penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe STAD dilaksanakan, tingkatan motivasi, minat dan hasil belajar mahasiswa ketikatindakan dilakukan dan tingkatan motivasi, minat dan hasil belajar mahasiswa setelah penerapan tindakandilaksanakan.Jenis penelitian ini merupakan penelitan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan datadianalisa dengan menbandingkan nilai tingkat motivasi, minat dan hasil belajar mahasiswa sebelum, sesaat dansesudah penerapan tindakan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus. Data dikumpul denganmenggunakan empat instrument penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dantes hasil belajar. Subjekpenelitian sebanyak 20 orang mahasiswa yaitu kelas MI-P1403 STMIK BUDIDARMA Medan.Berdasarkan hasilpenelitian setelah diberikan tindakan siklus IBerdasarkan hasil penelitian setelah diberikan tindakan siklus I dari20orang mahasiswa terdapat sebanyak6orang mahasiswa (30%) yang memilikimotivasibelajar dengan kategorirendah(Kurang Termotivasi), sebanyak3orang mahasiswa (15%) yang memilikimotivasibelajar kategori sedang(Termotivasi), dan sebanyak11orang mahasiswa (55%) yang memilikimotivasibelajar kategori tinggi (SangatTermotivasi).Adapun hasil penelitian tindakan siklus I tentang minat dari 20 orang mahasiswa terdapat sebanyak 4orang mahasiswa (20 %) yang memiliki minat belajar dengan katagori rendah ( Kurang Berminat) yang memilikiminat belajar katagori sedang sebanyak 7 orang (35%) dan 9 orang mahasiswa (45%) yang memiliki minat belajardengan katagori tinggi (Sangat Berminat).Kemudian setelah pemberian tindakan pada siklus II diperoleh20orangmahasiswa terdapat9orang mahasiswa yang memiliki motivasibelajar kategorisedang(45%),11 orangmahasiswayang memiliki motivasibelajar kategoritinggi(Sangat Termotivasi). Dan setelah pemberian pada siklus II terdapat11 orang mahasiswa memiliki minat belajar sedang (55%) dan 9 orang mahasiswa memilki minat belajar tinggi(45%). Sementara hasil belajar mahasiswa sebelum tindakan berada pada 69,05 rata rata kelas, atau sekitar 70%tingkat kelulusan. Setelah tindakan pada siklus I maka hasil belajar mahasiswa mengalami kenaikan dari rata ratakelas 74,05 atau sebanyak 85% dan mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata rata kelas 79,1 atau 100%tingkat kelulusan.Kata Kunci :model pembelajarn kooperatif tipe STAD, motivasi belajar, minat dan hasil belajar

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 16 times

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PENERAPAN MODEL PEMBELAJAR AN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNT UK MENINGKATKAN MOTIVASI, MINAT DAN HASIL BELAJAR MAHASISW A DIPLOMA III JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA PADA MATA KULI AH PAI MATERI ZAKAT HARTA KELAS MI - P1403 DI STMIK BUDIDARMA MEDANTAHUN AJARAN 2015 - 2016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PELITA INFORMATIKA )

Program Studi Teknik Informatika - STMIK Budi Darma
Website : http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : syahrizal83.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
PELITA INFORMATIKA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License