IMPLEMENTASI METODE BIDIRECTIONAL ASSOCIATIVE MEMORY PADA ABSENSI BERBASIS IDENTIFIKASI WAJAH (STUDI KASUS : MTS ZENDING ISLAM INDONESIA MEDAN)

 (*)Aperius Giawa Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Metode bidirectional associative memory, algoritma ini memiliki dua proses, yaitu proses pelatihan dan pengujian. Proses pelatihan diawali dengan mengambil nilai bipolar dari citra digital (foto) yang menjadi inputan dengan cara mengubah citra tersebut menjadi grayscale, lalu dengan menggunakan nilai threshold, citra grayscale tersebut diubah menjadi cutra biner (1 dan 0), lalu nilai 0 menjadi nilai -1 sehingga didapatkan nilai bipolar dari nilai citra inputan. Citra bipolar akan dikalikan dengan target masing-masing inputan untuk menghasilkan nilai matriks bobot (W) yang dapat menampung semua citra inputan. Proses pengujian dilakukan dengan mengambil inputan melalui kamera webcam, lalu  diubah menjadi nilai bipolar dan dikalikan dengan matriks bobot (W) yang telah dihasilkan  pada proses pelatihan. Sehingga aplikasi ini dapat mengenali citra yang diambil melalui kamera webcam. Sistem absensi wajah ini sangat bergantung pada intensitas cahaya yang ada pada foto. Apabila intensitas cahaya pada foto di proses pelatihan hampir sama dengan foto di proses pengujian, maka foto akan dapat dikenali. Namun jika perbedaan intensitas cahaya sangat signifikan, maka foto tidak dapat dikenali.

Kata Kunci : Pengolahan Citra, Metode Bidirectional Associative Memory, Absensi, Wajah

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 243 times
PDF - 203 times

References

R.V.Hari Ginardi Adhatus Solichah Muhamad Yusuf, "Rancangan Bangun Aplikasi Absensi Perkuliahan Mahasiswa Dengan Pengenalan Wajah," Jurnal Teknik ITS , vol. 5, p. 2, 2016.

Yayang Kurniati, "Implementasi Metode Bidirectional Associative Memori Pada Absensi Identifikasi Wajah," 2011.

S,Pd M.Kom Rina Canda Noor Santi, "Mengubah Citra Berwarna Menjadi Grayscale dan Citra Biner," Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. 16, p. 14, 2011.

S.Kusumadewi, Artificial Inteligence. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

S. Latuconsina E.R. Persulessy Y.A. Lesnussa, "Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation Untuk Memprediksi Prestasi Siswa," Jurnal Matematika Integratif, vol. 11, p. 2, Oktober 2015.

Arifin Z, "Jaringan Syaraf Tiruan Bidirectional Associative Memory Sebagai Identifikasi Pola SidikJari Manusia," Jurnal Informatika Mulawarman, vol. 4, pp. 21-26, 2009.

Saludin Muis, Teknik Jaringan Syaraf Tiruan. yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel IMPLEMENTASI METODE BIDIRECTIONAL ASSOCIATIVE MEMORY PADA ABSENSI BERBASIS IDENTIFIKASI WAJAH (STUDI KASUS : MTS ZENDING ISLAM INDONESIA MEDAN)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License