SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN CALON KETUA FEDERASI OLAHRAGA KARATE-DO INDONESIA(FORKI)TOBA SAMOSIR DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT(WP)

 (*)Roy Agung Hutagaol Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) sebagai sebuah sistem berbasis komputer yang membantu dalam proses pengambilan keputusan.yang adaptif, interaktif, fleksibel, yang secara khusus dikembangkan untuk mendukung solusi dari pemasalahan manajemen yang tidak terstruktur. untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. Salah satunya untuk seleksi calon ketua Federasi olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Toba Samosir, yang selama ini proses penyeleksian dilakukan dengan cara voting antara panitia pelaksana saja sehingga penilaian kurang objektif. Maka untuk memecahkan masalah tersebut penelitian ini menggunakan metode Weighted Product(WP) untuk seleksi calon ketua Federasi olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Toba Samosir serta membantu proses pengambilan keputusan. Kriteria yang digunakan untuk seleksi adalah Mengerti Managemen, Integritas, Kepemimpinan, Prestasi, Tingkatan Sabuk. Dengan hasil Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Calon Ketua Federasi olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Toba Samosir dapat membantu dalam melakukan penilaian sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Setelah diproses menggunakan aplikasi yang menerapkan metode WP, Calon terbaik Direkomendasikan menjadi calon ketua Federasi olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Toba Samosir, sehingga penilaian lebih objektif.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Calon Ketua FORKI, Weighted Product (WP)

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 135 times
PDF - 52 times

References

Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi, 2007.

Kusumadewi, Fuzzy Multi Attribute Decision Making. Yogyakarta, 2006.

Mulyadi, Sistem Akutansi. Jakarta: Salemba Empat, 2010.

Adi Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak menggunakan UML dan JAVA. Yogyakarta: Andi, 2010.

Azhar susanto, pengertian sistem. jakarta, 2013.

Tata Sutabri, Analisis Sistem Informasi., 2012.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ketua.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN CALON KETUA FEDERASI OLAHRAGA KARATE-DO INDONESIA(FORKI)TOBA SAMOSIR DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT(WP)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License