PENINGKATAN KUALITAS CITRA ORTOKROMATIK DENGAN MENGGUNAKAN GAUSSIAN FILTER

 (*)Afry Aryadi Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Foto Ortokromatik saat ini adalah foto-foto usang. Secara umum orang tidak ada yang menggunakan jenis foto Ortokromatik karena kekurangan dari hasil ortokromatik.  Foto ortokromatik hanya dijadikan foto-foto kenangan yang memiliki sejarah kehidupan dulu. Tapi foto-foto ortokromatik tidak tahan lama. Banyak dari foto-foto ortokromatik yang rusak dan pudar, maka perlu untuk memperbaiki foto-foto usang tersebut dengan pengolahan citra. Masalah dalam memperbaiki foto ortokromatik yaitu foto tersebut tidak tajam dan pixelnya kurang rapat jika dibandingkan dengan foto-foto digital sekarang ini, serta warna dari ortokromatik lebih tepatnya abu-abu (grayscale) jadi untuk meningkatkan kualitas ortokromatik yang rusak seperti terkena noise  perlu menggunakan perataan (penapis) warna ketetanggaan. Perataan yang digunakan adalah perataan yang tidak tetap dalam satu nilai parameter saja. Gaussian Filter adalah salah satu perataan warna ketetanggaan dalam pengolahan citra yang menggunakan rumus matematika untuk menciptakan efek autofocus untuk mengurangi detail dan menciptakan efek berkabut, karena membobotkan dengan nilai terkecil 1 yang mempengaruhi bobot-bobot lainnya.

Kata Kunci : Citra, Ortokromatik,Gaussian, Filter


Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 95 times | PDF View: 32 times

References

. A. Wedianto et al, Analisa Perbandingan Metode Filter Gaussian, Mean Dan Median Terhadap Reduksi Noise, Jurnal Media Infotama, ISSN : 1858 – 2680 Vol. 12 No. 1, Februari, 2016, pp. 21-30..

. I. Juhari, “Perancangan Aplikasi Pengurangan Noise Pada Citra Digital Menggunakan Metode Filter Gaussian”, Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), ISSN : 2339-210X, Vol. IV, No. 3 , Oktober 2014, pp. 81-87..

. T. Sutoyo et al, Teori Pengantar Citra Digital, Andi Offset, Yogyakarta, 2009

. D. Putra, Pengolahan Data Citra, Penerbit Andi, Jogyakarta. , 2010

. KomputerWahana, “Ragam Aplikasi PENGOLAHAN IMAGE dengan MATLAB”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2013.

. J. Geigel dan F. Kenton Musgrave, “A model for simulating the photographic development process on digital images“ Proceeding SIGGRAPH '97 Proceedings of the 24th annual conference on Computer graphics and interactive techniques Pages 135-142, ACM Press/Addison-Wesley Publishing Co. New York, NY, USA ©1997 ISBN:0-89791-896-7

. A. Kadir, A. Susanto, “Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra”, Andi, Yogyakarta, 2013

. Haviluddin, Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language), Jurnal Informatika Mulawarman, ISSN 1858 – 4853 , Vol 6 No. 1 Febuari 2011.

. A. Irmayana, Sistem pendukung Keputusan Mutu Pendidikan Sekolah, Prosiding Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I), ISSN: 2460-8378, STIKOM Bali, 2015.

. Hendrayudi, “Visual Basic 2008 Untuk Berbagai Keperluan Pemrograman”, Penerbit Elex Media Komputindo, Yogyakarta, 2010.

. Rahmat Priyanto, Langsung Bisa Visual Basic.Net 2008, Andi, Yogyakarta, 2009.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PENINGKATAN KUALITAS CITRA ORTOKROMATIK DENGAN MENGGUNAKAN GAUSSIAN FILTER

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PELITA INFORMATIKA )

Program Studi Teknik Informatika - STMIK Budi Darma
Website : http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : syahrizal83.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
PELITA INFORMATIKA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License