PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK RETAIL MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING
Abstract
PT. Informa Medan merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan produk retail. Tidak hanya PT. Informa Medan, masih cukup banyak perusahaan-perusahaan lain yang bergerak dibidang serupa. Hal tersebut tentu saja menimbulkan persaingan bisnis antar perusahaan. Data mining dimaksud untuk memberikan solusi bagi para pengambilan keputusan di dunia bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka. Untuk itu penulis tertarik mengangkat permasalahan ini kedalam penelitian sekripsi dengan judul “Penerapan Data Mining Pada Penjualan Produk Retail Di PT. Informa Medan menggunakan Metode Clusteringâ€. Tujuan penelitian ini umtuk melihat penjualan yang paling banyak diminati konsumen khususnya penjualan perlengkapan rumah tangga. Manfaatnya mempermudah analisis data yang besar dan membantu memberikan informasi data penjualan yang diolah. Salah satu metode yang terdapat dalam data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode clustering (pengelompokan). Salah satu metode data mining yang dapat digunakan dari analisa di atas adalah metode clustering, yang merupakan pengelompokkan item data kedalam sejumlah kecil grup sedemikian sehingga masing-masing grup mempunyai sesuatu persamaan yang esensial. Algoritma K-Means merupakan algoritma yang paling popular dan banyak digunakan. Algoritma ini disusun atas dasar ide sederhana. Ada awalnya ditentukan berapa cluster yang akan dibentuk. Sembarang objek atau elemen pertama dalam cluster dapat dipilih untuk dijadikan sebagai titik tengah (control point) cluster. Algoritma K-Means selanjutnya akan melakukan pengulangan langkah-langkah sampai terjadi kestabilan (tidak ada objek yang dapat di pindahkan). Dengan hasil clustering data mining akan dihasilkan jenis barang dengan pemakaian setiap bulannya yang dapat digunakan acuan perencanaan persediaan pada tahun berikutnya. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang dibangun dapat membantu perusahaan sebagai gambaran dalam pengambilan keputusan dalam rangka mendapatkan pola penjualan produk.
Kata Kunci : Penjualan, Produk Retail, Metode ClusteringReferences
kusrin dani Emha taufiq luthfi, Algoritma Data Mining, Theresia Ari Probawati, Ed. yogyakarta, indonesia: Andi, 2009.
Ali Ikwan ,Dicky Nofriansyah dan Sriani, "Penerapan Data Mining dengan Algoritma clustering untuk penjualan produk retail.," jurnal ilmiah ., vol. 14 no 3, no. 1978-6603, pp. 211-215, september 2015.
Clustering Menggunakan Metode K-Means Untuk menentukan penjualan paling diminati, "Windha Mega P.D," Jurnal informatika, vol. 15 no 2, p. 163, Dsesember 2015.
Kusrini , Emha Taufiq Luthfi Ahlihi Masruro, "algoritma clustering," jurnal ilmiah DASI, vol. 15 no 4, no. 1411-3201, pp. 1-5, Desember 2001.
Jogiyanto, "penjualan produk retail menggunakan metode k-means.," jurnal Analisis Dan Desain, vol. 5 no 2, no. 802-803, pp. 1-5, September 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).