SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENYELEKSIAN BANTUAN DANA BEDAH RUMAH TIDAK LAYAK HUNI MENJADI LAYAK HUNI BAGI KELUARGA KURANG MAMPU DENGAN MENGGUNAKAN METODE VIKOR ( STUDI KASUS : KANTOR KEPALA DESA SIALANG KEC. BANGUN PURBA)

 (*)Alfinda Alfionita Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Memberikan Bantuan dana bedah rumah untuk keluarga kurang mampu  merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan yang bertujuan agar keluarga miskin memiliki rumah yang layak huni dan dapat memenuhi kebutuhan dasarnya secara minimal. Dalam proses pemberian bantuan dana bedah rumah ini di butuhkan suatu sistem pendukung keputusan dengan metode vikor. Metode Vikor (VIšekriterijumsko Kompromisno Rangiranje) merupakan metode analisis pengambilan  keputusan dengan multi atribut untuk memecahkan permasalahan keputusan dengan kriteria yang saling bertentangan dan dari unit yang berbeda, dengan asumsi bahwa kompromi dapat diterima sebagai resolusi dari konflik yang ada. Vikor melakukan perangkingan terhadap alternative dan menentukan solusi yang mendekati solusi kompromi ideal. Sehingga dengan adanya sistem pendukung keputusan Penyeleksian  bantuan dana bedah rumah dengan metode Vikor ini diharapkan mampu menghasilkan data yang  lebih akurat.

Kata kunci :  Dana, Bedah, Rumah, Metode VIKOR.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 223 times
PDF - 138 times

References

Kusrini,Sistem Pendukung Keputusan (SPK),Yogyakarta,Andi,2010.2

Wignjoesoebroto,”Implementasi Metode VIKOR untuk Seleksi Penerima Beasiswa” Jurnal Sistem dan Informatika

Kusumadewi, "Penentuan Penerima Beasiswa Dengan Menggunakan Fuzzy Multiple Atribut Decission Making Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 3, NO. 1, April 2011,

Kusrini,Langkah-Langkah Pemodelan Dalam DSS, Yogyakarta,2007.30-31

Jeperson Hutahaean, Konsep Sistem Informasi, 1st ed., Galih Pangestu Jati Unggul pebri Hastanto, Ed. yogyakarta, Indonesia: Deepublish Publisher, 2014.

Anandita “ANALISIS PERBANDINGAN WEBOMETRICS RANGKING UNIVERSITAS NEGERI DAN SWASTA DI INDONESIA DENGAN PERANGKINGAN METODE PROMETHEE DAN VIKOR” Jurnal Sistem Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 133-138, 2014.

Stefanie Nainggolan. (2014, April) slideshare.net. [Online]. (http://www.kemsos.go.id/moduls.diakses pada 19 Mei2017 pukul 20.39 WIB)

Jogiyanto, Analisis Sistem Informasi, 1st ed., Christian Putri, Ed. Yogyakarta, Indonesia: CV ANDI OFFSET, 2012.

Rahmat Priyanto, Langsung Bisa VISUAL BASIC.NET 2008, I ed., Dwi Prabantini, Ed. Yogyakarta, Indonesia: C.V ANDI OFFSET, 2009.

Hendrayudi, Membangun Aplikasi Toko dengan Visual Basic 2008. Semarang, Indonesia: Andi Offset, 2009.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENYELEKSIAN BANTUAN DANA BEDAH RUMAH TIDAK LAYAK HUNI MENJADI LAYAK HUNI BAGI KELUARGA KURANG MAMPU DENGAN MENGGUNAKAN METODE VIKOR ( STUDI KASUS : KANTOR KEPALA DESA SIALANG KEC. BANGUN PURBA)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License