IMPLEMENTASI METODE GEOMETRIC MEAN FILTER UNTUK MEREDUKSI NOISE PADA CITRA ULTRASONOGRAFI (USG)

 (*)Tri Ayu Atika Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Citra hasil rekaman kamera digital sering kali terdapat beberapa gangguan yang mungkin terjadi, seperti lensa tidak fokus, muncul bintik-bintik yang disebabkan oleh proses capture yang tidak sempurna, pencahayaan yang tidak merata yang mengakibatkan intensitas tidak seragam, kontras citra terlalu rendah sehingga objek sulit dipisahkan dari latar belakangnya, atau gangguan yang disebabkan oleh kotoran-kotoran yang menempel pada citra dan lain sebagainya. Ultrasonografi medis (sonografi) adalah sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. Sonografi obstetrik biasa digunakan ketika masa kehamilan. Pilihan frekuensi menentukan resolusi gambar dan penembusan kedalam tubuh pasien. Teknik reduksi noise yang dibahas adalah teknik filtering yang melakukan teknik pemisahan noise dari objek-objek pada citra Ultrasonografi. Algoritma yang digunakan pada penelitian reduksi noise ini adalah Geometric Mean Filter (GMF). Geometric Mean Filter (GMF) mereduksi  noise dengan cara mengganti nilai pixel dengan nilai tengah (rata-rata) intensitas pixel citra yang mengandung noise. Filter rata-rata geometrik menghasilkan pemulusan yang sebanding dengan filter mean aritmetika, namun cenderung mengurangi detail gambar dalam proses. Ini memisahkan saluran merah, hijau dan biru. Hal ini diikuti dengan memperkenalkan keuntungan untuk mengkompensasi atenuasi yang dihasilkan dari filter.

Kata Kunci : Citra Ultrasonografi, Reduksi, Noise, Geometric Mean Filter

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 176 times
PDF - 86 times

References

R. R. Abdiansah, Ekstraksi Bentuk Janin Pada Citra Hasil USG 3 Dimensi Menggunakan Deteksi Tepi Canny, vol. 1, p. 2, 2012.

S. D. B. T. B. T. N. R. S. Sunayana G. Domadia, WCE Image Enhancement and Disease Detection Using Classification, vol. 2, no. 12, p. 2, 2015.

T. Sutoyo, Teori Pengolahan Citra Digital, Yogyakarta: Andi, 2009.

D. M. S. M. D. J. P. M. M. Wiliyana, Perbandingan Algoritma Arithmatic Dengan Geometric Mean Filter Untuk Reduksi Noise Pada Citra, p. 2.

D. Putra, Pengolahan Citra Digital, Yogyakarta: Andi, 2010.

H. L. S. Y. S. H. Andre Wedianto, Analisa Perbandingan Metode Filter Gaussian, Mean dan Median Terhadap Reduksi Noise, vol. 12, p. 3, 2016.

R. A.S-M.Salahuddin, Unified Modelling Language, 2011.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel IMPLEMENTASI METODE GEOMETRIC MEAN FILTER UNTUK MEREDUKSI NOISE PADA CITRA ULTRASONOGRAFI (USG)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License