ANALISA DATA PERTANIAN TANAMAN PANGAN UNTUK MEMPREDIKSI HASIL PANEN DENGAN DATA MINING ALGORITMA C.45 (STUDI KASUS : DINAS TANAMAN PANGAN dan HOLTIKUTURA PROVINSI SUMUT)

 (*)Sri Maya Sari Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Nelly Astuti Hasibuan (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Tanaman Pangan adalah segala jenis tanaman yang di dalamnya terdapat karbohidrat dan protein sebagai sumber energi manusia. Tanaman pangan juga dapat dikatakan sebagai tanaman utama yang di konsumsi manusia, sebagai makanan untuk memberikan asupan energi bagi tubuh. Umumnya tanaman pangan yang tumbuh dalam waktu semusim. Penelitian ini bertujuan membentuk model pohon keputusan untuk memprediksi hasil panen dan melihat variabel yang paling berpengaruh. Obyek dalam penelitian ini adalah tanaman padi, data yang digunakan untuk penelitian adalah data mining yang merupakan suatu proses menemukan hubungan yang berarti,  pola, dan kecenderungan dengan memeriksa dalam sekumpulan besar data yang tersimpan dalam penyimpanan dengan menggunakan teknik pengenalan pola seperti teknik statistik dan matematika. Pembentukan model prediksi menggunakan metode C4.5. Pada algoritma C4.5 dilakukan perhitungan entropy dan information gain. Sebagai atribut sumber untuk memperoleh node akar dan node lainnya. Berdasarkan hasil klasifikasi menggunakan algoritma C4.5 menunjukkan bahwa algoritma C4.5 cocok digunakan untuk memprediksi hasil panen padi.

Kata Kunci : Tanaman Pangan, Algoritma C4.5, Data Mining

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 1124 times
PDF - 911 times

References

Edi Wijaya, Analisis Penggunaan Algoritma Breadth First Search Dalam Konsep Artificial Intellegencia , 2013, Vol. II No 2 : 18-26,

Kusrini, luthfi taufiq Emha, Algoritma Data Mining, 2009, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Larose D, T., Data Mining Methods and Models, 2006, Jhon Wiley & Sons, Inc. Hoboken New Jersey

Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1991, Jakarta: P.N Balai Pustaka

Prabowo Pudjo Widodo, Herlawati. Menggunakan UML. 2011.Informatika.Bandung wo

Julsam,Handryawan Adnan Mooduto,Alexyusandri,Penambangan Data Format Text Excel dengan Software Tanagra.Elektron Vol.1 No.1,Edisi :juni 2009.ISSN:2085-6989

Adi Kusrianto, Memanfaatkan Formula dan Fungsi Microsoft excel 2007, 2007, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel ANALISA DATA PERTANIAN TANAMAN PANGAN UNTUK MEMPREDIKSI HASIL PANEN DENGAN DATA MINING ALGORITMA C.45 (STUDI KASUS : DINAS TANAMAN PANGAN dan HOLTIKUTURA PROVINSI SUMUT)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License