IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI ANGKA KELAHIRAN

 (*)Muhammad Idris Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Kantor Kepala Desa Lalang Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara yaitu Desa yang Terdiri Dari Sepuluh Dusun Yaitu Berdikari, Merdeka, Pengajian, Pekan, Mesjid Barat, Mesjid Timur, Tasak Lama, Tasak Baru,  Sono Dan Pandau Palas. Prediksi  angka kelahiran dilakukan dengan menggunakan algoritma data mining. Salah satu fungsi dalam data mining yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pihak kantor desa untuk memprediksi angka kelahiran. Metode yang diusulkan yaitu naïve bayes. Algoritma naïve bayes bertujuan untuk melakukan klasifikasi data pada kelas tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pola prediksi dari setiap atribut-atribut yang terdapat pada data set dengan menggunakan algoritma naïve bayes dan melakukan pengujian data training terhadap data testing untuk melihat pemodelan data sudah baik atau belum. Dalam membangun aplikasi ini penulis menggunakan bahasa pemrograman visual basic 2008 serta microsoft access 2007 sebagai basis data. Klasifikasi Naïve Bayes dipakai untuk memprediksi angka kelahiran yang akan dialami pada setiap dusun dengan cara mensurvei jumlah penduduk pada setiap dusun, angka pernikahan, dan angka kelahiran . Semua data didiskritkan berdasarkan survei yang telah diteliti pada desa lalang. Hasil dari penelitian ini adalah mempermudah pihak kantor desa lalang dalam proses pengelolaan data penduduk, membantu dalam proses penginputan data, pencarian data, dan laporan penduduk

 

Kata Kunci : Angka Kelahiran, Data Mining, Naïve

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 957 times
PDF - 1195 times

References

Kennedi Tampubolon, Hoga Saragih, Bobby Reza, "Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan," Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), vol. Volume : I, pp. 93-106, 2013.

Yuli Mardi, "Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5," Jurnal Edik Informatika, pp. 213-219.

Minarni, Firman Aldyanto, "Prediksi Jumlah Produksi Roti Menggunakan Metode Logika Fuzzy," Jurnal TEKNOIF, vol. 4, pp. 59-65, Oktober 2016.

Windi Yohana Oktavia, Tri Sukirno Putro, and Lapeti Sari, "Pengaruh tingkat pendidikan, struktur umur dan kematian bayi terhadap fertilitas di Kota Pekanbaru," JOM FEKON, vol. Vol. 1, pp. 1-15, Oktober 2014.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI ANGKA KELAHIRAN

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License