IMPLEMENTASI METODE CLAUSTERING UNTUK ANALISA KELAYAKAN KELUARGA PENERIMA RASKIN (STUDI KASUS: KANTOR KELURAHAN BANTAN TIMUR)

 (*)Nurul Sakinah Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Efori Bu’ulolo (STMIK Budi Darma, Indonesia)
 Noferianto Sitompul (STMIK Budi Darma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Data Mining adalah kegiatan yang meliputi pengumpulan, pemakaian data historis untuk menentukan keteraturan, pola dan hubungan dalam set data berukuran besar. Kegunaan data mining adalah untuk menspensifikasikan pola yang harus di tentukan dalam tugas data mining. Kehadiran data mining di latar belakangi dengan problema data explosion yang di alami akhir-akhir ini dimanabanyak organisasi telah mengumpulkan data sekian tahun lamanya (data pembelian, data penjualan, data nasabah, data transaksi dsb)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan keluarga dari penerima raskin serta mengtahui apakah selama ini keluarga yang mendapatkan raskin memang layak atau tidak mendapat raskin.K-means clustering merupakan salah satu metode data clustering non-hirarki yang mengelompokan data dalam bentuk satu atau lebih cluster/kelompok. Data-data yang memiliki karakteristik yang sama dikelompokan dalam satu cluster/kelompok dan data yang memiliki karakteristik yang berbeda dikelompokan dengan cluster/kelompok yang lain sehingga data yang berada dalam satu cluster/kelompok memiliki tingkat variasi

 

Kata Kunci : Data Mining, Raskin, Claustering K-Means

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 223 times
PDF - 223 times

References

Fajat Astuti Hermawati, Data Mining. Yogyakarta, Indonesia, 2009.

Cahyo Aji Nogroho, Rully A Hendrawan, and Irmasari Hafidz, "Claustering Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dalam Menentukan Kebijakan Bantuan Badan Pemberdayaan Masyarakat do Kota Surabaya dengan Menggunakan Metode Self-Organizing Map (SOM) dan K-Means," Teknik ITS, vol. I, p. 369, September 2012.

Kennedi Tampubolon, Hoga Saragih, and Bobby Reza, "Implementasi Data Mining Algoritma Apriori pada Sistem Persedian Alat-Alat Kesehatan," Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), vol. I, p. 96, Oktober 2013.

Efori Buulolo, "Implementsi Algoritma Apriori pada Sistem Persedian Obat (Studi Kasus: Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan)," Pelita Informatika Budi Darma, vol. IV, pp. 73-74, Agustus 2013.

Suyati and Bambang Eka Purnama, "Pembangunan Sistem Informasi Pendataan Rakyat Miskin untuk Program Beras Miskin (RASKIN) pada Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Pacitan," Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. 2, p. 35, 2010.

Johan Oscar Ong, "Implementasi Algoritma K-Means Claustering untuk Menentukan Strategi Marketing President University," Ilmiah Teknik Industri, vol. 12, pp. 13-14, Juni 2013.

Yuan Lukito and Antonius R Chrismanto, "Perbandingan Metode -Metode Klasifikasi Untuk Indoor Positioning System," Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 1, p. 124, Agustus 2015.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel IMPLEMENTASI METODE CLAUSTERING UNTUK ANALISA KELAYAKAN KELUARGA PENERIMA RASKIN (STUDI KASUS: KANTOR KELURAHAN BANTAN TIMUR)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License