PENERAPAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA DALAM ESTIMASI BIAYA PENCETAKAN SPANDUK (STUDI KASUS : PT. HANSINDO SETIAPRATAMA)

 (*)Ahmad Rivandi Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Efori Bu’ulolo (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Natalia Silalahi (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Percetakan (printing) merupakan salah satu format media primer yang sulit dicari penggantinya selama lebih dari 500 tahun. Printing bahkan dianggap sebagai salah satu kebutuhan primer manusia. Seiring dengan berjalannya waktu, printing menjadi sebuah industri yang mempunyai trend permintaan global yang meningkat. Dari tahun ke tahun, semakin banyak dijumpai produsen printing komersial di berbagai belahan dunia tidak terkecuali di Indonesia. Data mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu sekumpulan data. Data mining juga sering disebut juga sebagai knowledge discovery in database (KKD). Regresi linier berganda adalah analisis yang memiliki variabel bebas lebih dari satu disebut analisis regresi linier berganda. Teknik regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan dua atau lebih variabel bebas (X1, X2, X3, ..., Xk) terhadap variabel terikat (Y).

 

Kata Kunci : Pencetakan, Data Mining, Algoritma Regresi Linier Berganda

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 933 times
PDF - 2012 times

References

Kennedi Tampubolon et All, “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan”, Medan, 2013.

Margaretha G. Mona et All, “Penggunaan Regresi Linear Berganda Untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa Studi Kasus: Petani Kelapa Di Desa Beo, Kecamatan Beo Kabupaten Talaud”, Manado, 2015

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PENERAPAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA DALAM ESTIMASI BIAYA PENCETAKAN SPANDUK (STUDI KASUS : PT. HANSINDO SETIAPRATAMA)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License