PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENENTUKAN LOKASI PROMOSI PRODUK MINUMAN PENURUN KOLESTROL NUTRIVE BENECOL PADA PT. PERKASA/KALBE NUTRRITIONALS
Abstract
Sejalan dengan perkembangan gaya hidup, menentukan tempat lokasi promosi suatu produksi. Saat ini sangatlah mudah dengan menggunakan perangkat handphone dan dengan adanya koneksi internet dapat langsung mencari tempat lokasi yang ingin dituju. Ditambah dengan bermunculannya aplikasi yang mendukung dalam penentuan lokasi penjualan suatu produk, baik dalam social media maupun web. Lain halnya apabila mengetahui letak promosi yang tepat untuk mempromosikan produk minuman penurun kolestrol Nutrive Benecol. Sekarang ini banyak sekali instansi – instansi kesehatan yang memasarkan obat penurun kolestrol secara baik bagi penderitanya. Maka dengan algoritma K-Means dapat mendukung dalam mempermudah dalam mencari penentuan lokasi promosi produk minuman penurun kolestrol. Dalam algoritma K-Means ini akan membagi suatu data masukan instansi perkantoran selain dari instansi kesehatan saja yang tepat untuk dijadikan tempat lokasi promosi suatu produk. Penerpan metode K-Means diterapkan sebagai metode penelitian yang sesuai.Pendistribusian barang adalah sarana penting bagi setiap perusahaan yang ingin memasarkan produknya. Â
Â
 Kata Kunci : Instansi, Location Based Service, Jarak.References
kusrin dani Emha taufiq luthfi, Algoritma Data Mining, Theresia Ari Probawati, Ed. yogyakarta, indonesia: Andi, 2009.
Ali Ikwan ,Dicky Nofriansyah dan Sriani, "Penerapan Data Mining dengan Algoritma FB-Growth untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan.," jurnal ilmiah saintikom., vol. 14 no 3, no. 1978-6603, pp. 211-215, september 2015.
Clustering Menggunakan Metode K-Means Untuk menentukan status Gizi Balita, "Windha Mega P.D," Jurnal informatika, vol. 15 no 2, p. 163, Dsesember 2015.
Kusrini , Emha Taufiq Luthfi Ahlihi Masruro, "Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Lokasi Wisata Menggunakan Clustering Dan Topsis," jurnal ilmiah DASI, vol. 15 no 4, no. 1411-3201, pp. 1-5, Desember 2001.
Jogiyanto, "Sistem Informasi Pendekatan Tekstur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis.," jurnal Analisis Dan Desain, vol. 5 no 2, no. 802-803, pp. 1-5, September 2010.
Sandy Sinambow Dan Irvan Trag, "Pengaruh Harga,Lokasi,Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputasan Pembeli Pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado.," Jurnal EMBA, vol. 3 no 3, no. 2303-11, pp. 300-302, September 2015.
Kalbe Family. (2009, january) www.Kalbestore.com. [Online]. http://www.Kalbestore.com
Sarah Faradillah, "Implementasi Data Mining Untuk Pengenalan Karakteristik Transaksi Customer Dengan Menggunakan Algoritma C4.5," Pelita Informatika Budi Darma, vol. 5 no 3, no. 2301-9425, pp. 1-5, Desember 2013.
tutorial microsoft office excel. (2017, juli) http://fiy-a.blogspot.com/2017/07/tutorial-microsoft-office-excel-2003.html. [Online]. http://fiy-a.blogspot.com/2017/07/tutorial-microsoft-office-excel-2003.html
eko Prasetyo, DATA MINING - Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB, I ed., Nikodemus WK, Ed. Yogyakarta, Indonesia: ANDI, 2012.
Astuti Hermawati Fajar, DATA MINING. Yogyakarta, Indonesia: ANDI, 2013.
eWolf Community , INDEX LENGKAP SYNTAX. Yogyakarta: MediaKom, 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).