PENERAPAN DATA MINING DALAM SURAT JALAN TRANSPORTASI MOBIL ANGKUTAN MENGGUNAKAN METODE CLUESTERING

 (*)Iskandar Iskandar Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Pilipus Tarigan (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Saidi Ramadan Siregar (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Perusahaan ini  yang bergerak di bidang distributor berupa bahan kayu yang dikirim dan diolah kepembuatan mebel / perabot merupakan hal yang harus disertakan dalam peroses pengiriman barang atau surat jalan agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan pihak perusahaan Perusahaan saat ini masih menggunakn tulisan tangan atau manual data tersebut biasa saja hilang dan pihak perusahaan rugi karana tidak mengetahui jumlah keluarnya barang. Data Mining memberikan solusi kepada pihak perusahaan agar data tersebut tidak hilangh ,Data dengan skala besar biasanya sering terdapat pada perusahan lainnya ,pengolahan data surat jalan pada perusahaan Cv.Surya Bachir biasanya dilakukan setiap harinya dengan rute yng berbeda dengan tanggal yang berbeda pula, untuk mempemudah pendataan berdasarkan clustering yang sudah ditentukan,penulis menggunakan metode clustering untuk melakukan group data berdasarkan informasi yang sudah ditentukan . Algoritma Kmens sangat berpengaruh pada hasil cluster seperti pada hasil pengujian yang dilakukan peniliti lain didapat bahwa metode clustering dapat menyelesaikan permasalah dalam mengolah data (Surat jalan),pengekelompokan data dan kerakteristik data .pada masa sekarang dunia bisnis persaingan semakin ketat, data sangat la penting dalam perusahaan agar pihak perusahaan tau jumlah keluarnya bahan dan biaya transportasi setiap tahunnya.

 

Kata Kunci : Data Mining, Algoritma Kmens, Clustering, Surat Jalan

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 549 times
PDF - 392 times

References

S. Mulyati, "Penerapan Data Mining Dengan Metode Clustering Untuk Pengelompokan Data Pengiriman Burung," in Seminar Ilmiah Nasional Teknologi Komputer, Padang, 2015.

K. Handoko, "Penerapan Data Mining dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Instansi Perguruan Tinggi Menggunakan Metode K-Means Clustering (Studi Kasus di Program Studi TKJ Akademi Komunitas Solok Selatan)," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 3, pp. 31-40, 2016.

E. Prasetyo, Data Mining: Konsep Dan Aplikasi Menggunakan Matlab, Yogyakarta: Andi Publisher, 2013.

F. A. Hermawati, Data Mining, Yogyakarta: Andi Publisher, 2013.

P. P. Widodo and R. T. Handayanto, Penerapan Soft Computing dengan Matlab, Bandung: Informatika, 2012.

F. Gorunescu, Data Mining Concepts, Models and Techniques, Berlin: Springer, 2011.

S. Susanto and D. Suryadi, Pengantar Data Mining Menggali Pengetahuan dari Bongkahan Data, Yogyakarta: Andi Publisher, 2010.

J. O. Ong, "Implementasi Algoritma K-Mens Clustering Untuk Mentukan Strategi Marketing President University," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 12, no. 1, pp. 10-20, 2013.

T. U. Putri, M. I. Herdiansyah and S. D. Purnamasari, "Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Strategi Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Palembang," Universitas Bina Darma, Palembang, 2013.

Y. P. Simaremare, A. Pribadi and P. Wibowo, "Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Publikasi Ilmiah Berbasis Online pada Jurnal Sisfo," Teknik Pomits , vol. 2, no. 3, pp. 470-475, 2013.

Neti, "Perancangan Aplikasi Rental Mobil Pada Cv Karya Bersama Palembang," MDP, pp. 1-10, 2008.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PENERAPAN DATA MINING DALAM SURAT JALAN TRANSPORTASI MOBIL ANGKUTAN MENGGUNAKAN METODE CLUESTERING

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License