SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DESA SASARAN PEMBERIAN BIBIT TANAMAN MENGGUNAKAN METODE BAYES

 (*)Elida Br Ginting Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Abdul Sani Sembiring (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Edward Robinson Siagian (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Pemili han desa sasaran pemberian bibit adalah suatu cara untuk meningkatkan kesejahtraan rakyat dalam sektor pertania. Memilih desa sasaran perlu dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Karo karena sebelumnya dalam pemilihan desa sasaran pemberian bibit unggul memakan waktu yang lama dan bibit yang di berikan ke desa sasaran Dinas Pertanian tidak sesuai dengan Ekonomi, Pekerjaan, dan Lahan. Dalam Kegiatan pemilihan desa sasaran pemberian bibit unggul masih kurang maksimal karena dapat di pengaruhi oleh faktor-faktor eksternal dalam memberikan bibit unggul ke desa. Namun pelaksanaannya masih belum optimal sehingga perlu dilakukan penyempurnaan, khususnya pada aspek penilaian dan faktor dari luar yang tidak mendukung baik waktu tenaga dan pikiran. Pada penelitian ini penulis akan melakukan pemilihan desa sasaran pemberian bibit dengan menerapkan metode Bayes. Untuk  mengatasi masalah tersebut  aplikasi yang digunakan berdasarkan hasil analisa data dan hasil penilaian dari setiap kriteria menggunakan aplikasi VB Net 2008 dengan mysql sebagai databasenya. Sistem ini juga bermanfaat bagi pihak dinas pertanian dalam penghitungan nilai dalam menentukan pemilihan desa sasaran pemberian bibit tanaman.

 

Kata kunci : Pemilihan Desa Sasaran, Bayes, VB net 2008, MySQl.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 251 times
PDF - 156 times

References

Marimin, Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk, Yogyakarta: Andi. 2012.

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Andi. 2007.

Sutabri, Tata, Analisis Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi. 2012.

Suhardi,” Pemahaman manajemen Pendesaan Pada Perangkat Desa Di Wilayah Kecamatan Semen Kabupaten Kediri”, Nusantara of Research, Vol. 02, pp. 73-83, 2015.

http://www.inspirasipertanian.com/2016/10/pengertian-benih-dan-bibit-tanaman.html

Kusmadewi, Sri; Harjko, Agus; Wardoyo, Retantyo, Fuzzi Multi –Attributeb Decsion Making (Fuzzi MADM), Yogyakarta: Graha Ilmu. 2006.

Sani, Sembiring, Abdul,” Penerapan Metode Bayes Sebagai Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Tingkatan Kualitas Buah Jeruk” Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Vol. 1, pp. 14-20.

Taupik, K, Opik; Irfan, Mohamad; Nurpianti, Ai,” Pembuatan Aplikasi Anbiyapedia Ensiklopedi Muslim Anak Berbasis Web”, Sains dan Teknologi, Vol.VII, pp 33-52.

Abdul Kadir, Pengenalan Komputer, Yogyakarta: CV. Andi. 2013

Priyanto, Rahmat, Langsung Bisa Visual Basic, Yogyakarta: Andi. 2008.

Yakub, Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu: 2012.

Anisya, “Aplikasi Sistem Database Rumah Sakit Terpusat Pada Rumah SakitUmum (Rsu) ‘Aisyiyah Padang Dengan Menerapkan Open Source (Php – Mysql”, Jurnal Momentum, Vol. 15, pp. 49-58.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DESA SASARAN PEMBERIAN BIBIT TANAMAN MENGGUNAKAN METODE BAYES

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License