PERANCANGAN APLIKASI PREDIKSI PENJUALAN LAPTOP DENGAN MENERAPKAN METODE REGRESI LINIER
Abstract
Prediksi penjualan (forecast) merupakanperkiraan penjualan pada suatu waktu yang akan datang dalam keadaan tertentu dan dibuat berdasarkan data-data yang pernah terjadi. Promosi dapat di lakukan perusahaan untuk mengenalkan suatu produk kepada konsumen melalui iklan. Prediksi jumlah penjualan ini di pengaruhi oleh stok laptop yang ada di toko. Perusahaan yang mampu memprediksi dengan tepat umumnya akan lebih siap dalam mengambil keputusan. Dengan berkembangnya perusahaan, maka banyak pula permasalahan yang dihadapi terutama perusahaan harus selalu cermat dalam memprediksi situasi pasar. Untuk menghasilkan prediksi yang tepat tentu saja dibutuhkan kecermatan dan ketelitian. Regresi Linier adalah hubungan secara linier antara satu variabel independen dengan variabel dependen, analisi ini untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independan dengan variabel dependen apakan positif atau negatif dan untuk memprediksi nilai dari dependen apabila nilai variabel independen mengalami penaikan atau penurunan.Â
Â
Kata kunci: Prediksi penjualan, Regresi LinierÂReferences
Kristanto, “Konsep Perancangan Aplikasiâ€, Yogyakarta : Andi, 1994 hal 112-113, ISBN : 979-533-861-7
Lebrin.R, Aritonang.R “Prediksi Penjualan Dan Kepuasan Pelangganâ€, Yogyakarta : 2005, Hal :130-131, ISBN : 979-20-4421-2.
M.Nafrin, “Prediksi Penjualan Dan Anggaran Perusahaanâ€, Jakarta : 2000, Penerbit selemba 4, 2005 Edisi 1.
Muslihuddin, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasiâ€, Yogyakarta : 2016 Hal 10-12, ISBN : 978-979-29-5549-1.
S.Santoso, “Statistik Regresi“, Jakarta: PT.Alex Media Komputindo, 2010 Hal:1-13, ISBN 978-979-27-8212-7.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).