APLIKASI PEMBELAJARAN EPIDEMIOLOGI GIZI MENGGUNAKAN METODE COMPUTER ASSISTED INTRUCTION (CAI)

 (*)Bima Prabowo Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Nelly Astuti Hasibuan (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Putri Ramadhani (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Pembelajaran epidemiologi gizi merupakan salah satu topik pembelajaran dalam rumpun ilmu kesehatan. Epidemiologi gizi berarti ilmu yang mempelajari tentang dan determinan dari penyakit atau kelainan gizi pada manusia. Tidak dipungkiri bahwa hingga saat ini masih banyak institusi pendidikan yang melaksanakan pembelajaran secara konvensional atau tradisional. Cara ini merupakan cara yang masih sederhana yaitu menyampikan materi-materi pembelajaran dengan sistem catat materi, menjelaskan, kemudian memberikan tugas. Hal inilah yang menjadi salah satu penghambat tidak tercapainya indikator tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Pelaksanaan pembelajaran secara konvensional ini juga masih sangat kurang optimal dalam upaya peningkatan minat belajar para peserta ajar. Peserta ajar justru sering mengalami rasa bosan, malas dan susah memahami materi yang sedang disampaikan oleh pengajar. Cara ini juga berakibat pada keterbatasan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk belajar. Proses mencatat materi-materi yang banyak akan menghabiskan waktu pembelajaran, sehingga mengurangi waktu bagi pengajar untuk menjelaskan materi serta waktu yang digunakan oleh siswa untuk berdiskusi yang sangat sedikit. Salah satu solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi masalah di atas, yaitu pemanfaatan media komputer dalam menyampaikan materi-materi pembelajaran. Aplikasi pembelajaran berbasis komputer juga sangat optimal untuk meningkatkan minat para peserta didik untuk mempelajari materi ajar karena disajikan lebih menarik dengan melibatkan multimedia seperti audio, video, teks maupun gambar. Aplikasi pembelajaran yang dibuat berdasarkan CAI membantu siswa memahami suatu materi dan dapat mengulang materi tersebut berulang kali sampai menguasai materi tersebut, karena penggunaan aplikasi ini mengutamakan user interface yang lebih friendly.

 

Kata Kunci : Pembelajaran, Computer Assisted Intruction, Macromeda Flash 8, Epidemiologi Gizi

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 452 times
PDF - 200 times

References

Rosita, Wondal, Pengaruh Media Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Bioedukasi, vol. III, no. 2, pp. 360-366, Maret 2015

Ire Puspita Wardhani and Maulana Sidik Albi, Implementasi Aplikasi Pembelajaran Dengan Metode Computer Assisted Instruction, Ilmiah Komputasi, vol. III, no. 2, pp. 36-50, Maret 2013.

Berutu, Rellina Sastriana, Aplikasi Pembelajaran IPA Untuk Sekolah Dasar Kelas V SD Dengan Menggunakan Metode Computer Based Instruction (CBI), Pelita Informatika Budidarma, vol. VI, no. III, pp. 1-4, April 2014.

Simangungsong, Martin AL, Aplikasi Pembelajaran Pembuatan Musik FL Studio Dengan Metode Computer Based Instruction, Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. III, no. 6, pp. 90-94, Deseber 2016

Miftahul Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta, Pustaka Pelajaran, 2014, pp. 234.

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung, Alfabeta, 2012, pp. 167

Setiawan, Eko, Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Matematika Tingkat SMP Dengan Metode Computer Assisted Instruction, Pelita Informatika Budidarma, vol. VI, no. 2, pp. 26-30, April 2014.

Agusti, Yeni, Perancangan Aplikasi Pembelajaran Fisika Tingkat Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction, Pelita Informatika Budidarma, vol. V, no. 1, pp. 47-51, November 2013.

Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta, Andi, 2007, pp. 153

Suarga. Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta, Andi, 2012, pp. 125

Nugroho, Adi. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Desain Metodologi Berorientasi Objek. Bandung, Informatika Bandung, 2005, pp. 412.

Utomo, Andy Prasetyo. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Parkir di Universitas Muria Kudus, Jurnal Simetris, vol. III, no.1 , pp. 56-60, April 2013.

Deni Mahdiana. (2011). Analisa dan Rancangan Sistem Informasi Pengadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus PT. Liga Indonesia, Jurnal Telematika Mkom, vol. III, no.2, pp. 89-95, September 2011.

Dharwiyanti, Sri; Wahono, Romi Satria, Pengantar Unified Modeling Language (UML), Kuliah Umum Ilmukomputer, 2013.

Arum, R.Sp; Herlinawati; Afis Pratama. Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Tenses Berbasis Macromedia Flash 8, vol. I no. 1 , pp. 1-6, Januari 2012

Herlina Latipa Sari and Edi Kusuma Negar. Media Pembelajaran Kimia Terpadu Pada Madarasah Tsanawiyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu, Jurnal Media Infotama vol.VIII, no. 2 , pp. 103-120, September 2011.

Sri Rahma Yuli. (2017, Juni.31) Epidemiologi Gizi[online]. Available : http://srirahmayuli.com/epidemiologi-gizi

Siagian, Albiner. Epidemiologi Gizi. Jakarta, Erlangga, 2010, pp. 3

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel APLIKASI PEMBELAJARAN EPIDEMIOLOGI GIZI MENGGUNAKAN METODE COMPUTER ASSISTED INTRUCTION (CAI)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License