APLIKASI PEMBELAJARAN EPIDEMIOLOGI GIZI MENGGUNAKAN METODE COMPUTER ASSISTED INTRUCTION (CAI)
Abstract
Pembelajaran epidemiologi gizi merupakan salah satu topik pembelajaran dalam rumpun ilmu kesehatan. Epidemiologi gizi berarti ilmu yang mempelajari tentang dan determinan dari penyakit atau kelainan gizi pada manusia. Tidak dipungkiri bahwa hingga saat ini masih banyak institusi pendidikan yang melaksanakan pembelajaran secara konvensional atau tradisional. Cara ini merupakan cara yang masih sederhana yaitu menyampikan materi-materi pembelajaran dengan sistem catat materi, menjelaskan, kemudian memberikan tugas. Hal inilah yang menjadi salah satu penghambat tidak tercapainya indikator tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Pelaksanaan pembelajaran secara konvensional ini juga masih sangat kurang optimal dalam upaya peningkatan minat belajar para peserta ajar. Peserta ajar justru sering mengalami rasa bosan, malas dan susah memahami materi yang sedang disampaikan oleh pengajar. Cara ini juga berakibat pada keterbatasan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk belajar. Proses mencatat materi-materi yang banyak akan menghabiskan waktu pembelajaran, sehingga mengurangi waktu bagi pengajar untuk menjelaskan materi serta waktu yang digunakan oleh siswa untuk berdiskusi yang sangat sedikit. Salah satu solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi masalah di atas, yaitu pemanfaatan media komputer dalam menyampaikan materi-materi pembelajaran. Aplikasi pembelajaran berbasis komputer juga sangat optimal untuk meningkatkan minat para peserta didik untuk mempelajari materi ajar karena disajikan lebih menarik dengan melibatkan multimedia seperti audio, video, teks maupun gambar. Aplikasi pembelajaran yang dibuat berdasarkan CAI membantu siswa memahami suatu materi dan dapat mengulang materi tersebut berulang kali sampai menguasai materi tersebut, karena penggunaan aplikasi ini mengutamakan user interface yang lebih friendly.
Â
Kata Kunci : Pembelajaran, Computer Assisted Intruction, Macromeda Flash 8, Epidemiologi Gizi
References
Rosita, Wondal, Pengaruh Media Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Bioedukasi, vol. III, no. 2, pp. 360-366, Maret 2015
Ire Puspita Wardhani and Maulana Sidik Albi, Implementasi Aplikasi Pembelajaran Dengan Metode Computer Assisted Instruction, Ilmiah Komputasi, vol. III, no. 2, pp. 36-50, Maret 2013.
Berutu, Rellina Sastriana, Aplikasi Pembelajaran IPA Untuk Sekolah Dasar Kelas V SD Dengan Menggunakan Metode Computer Based Instruction (CBI), Pelita Informatika Budidarma, vol. VI, no. III, pp. 1-4, April 2014.
Simangungsong, Martin AL, Aplikasi Pembelajaran Pembuatan Musik FL Studio Dengan Metode Computer Based Instruction, Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. III, no. 6, pp. 90-94, Deseber 2016
Miftahul Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta, Pustaka Pelajaran, 2014, pp. 234.
Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung, Alfabeta, 2012, pp. 167
Setiawan, Eko, Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Matematika Tingkat SMP Dengan Metode Computer Assisted Instruction, Pelita Informatika Budidarma, vol. VI, no. 2, pp. 26-30, April 2014.
Agusti, Yeni, Perancangan Aplikasi Pembelajaran Fisika Tingkat Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction, Pelita Informatika Budidarma, vol. V, no. 1, pp. 47-51, November 2013.
Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta, Andi, 2007, pp. 153
Suarga. Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta, Andi, 2012, pp. 125
Nugroho, Adi. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Desain Metodologi Berorientasi Objek. Bandung, Informatika Bandung, 2005, pp. 412.
Utomo, Andy Prasetyo. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Parkir di Universitas Muria Kudus, Jurnal Simetris, vol. III, no.1 , pp. 56-60, April 2013.
Deni Mahdiana. (2011). Analisa dan Rancangan Sistem Informasi Pengadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus PT. Liga Indonesia, Jurnal Telematika Mkom, vol. III, no.2, pp. 89-95, September 2011.
Dharwiyanti, Sri; Wahono, Romi Satria, Pengantar Unified Modeling Language (UML), Kuliah Umum Ilmukomputer, 2013.
Arum, R.Sp; Herlinawati; Afis Pratama. Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Tenses Berbasis Macromedia Flash 8, vol. I no. 1 , pp. 1-6, Januari 2012
Herlina Latipa Sari and Edi Kusuma Negar. Media Pembelajaran Kimia Terpadu Pada Madarasah Tsanawiyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu, Jurnal Media Infotama vol.VIII, no. 2 , pp. 103-120, September 2011.
Sri Rahma Yuli. (2017, Juni.31) Epidemiologi Gizi[online]. Available : http://srirahmayuli.com/epidemiologi-gizi
Siagian, Albiner. Epidemiologi Gizi. Jakarta, Erlangga, 2010, pp. 3
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).