PENERAPAN ALGORITMA SIEVE OF ERATOSTHENES UNTUK PEMBANGKIT BILANGAN ACAK
Abstract
Bilangan acak adalah bilangan asli yang tepat hanya memiliki dua faktor, yaitu satu dan bilangan itu sendiri. Sampai dengan abad kesembilan belas Masehi kebanyakan matematikawan menganggap 1 sebagai bilangan prima. Sampai dengan abad kesembilan belas Masehi kebanyakan matematikawan menganggap 1 sebagai bilangan prima. Pada waktu itu, sebagian besar tulisan yang dihasilkan masih memasukkan 1 sebagai bilangan prima yang sah. Perubahan yang membawa 1 tidak lagi dianggap sebagai bilangan prima adalah adanya kebutuhan untuk dapat menyatakan â€setiap angka dapat difaktorkan menjadi bilangan prima yang unik. Algoritma Sieve of Eratosthenes merupakan algoritma yang digunakan untuk mengeliminasi angka yang bukan bilangan prima dari kumpulan angka yang ada. Proses ini cukup baik sebagai algoritma yang bisa diterapkan pada algoritma kriptografi yang digunakan. Banyak penelitian dilakukan untuk mendapatkan metode yang paling cepat dalam pembangkitan bilangan prima. mencapai kecepatan yang dianggap ideal pembangkitan bilangan prima tidak dapat dilakukan, sehingga banyak penelitian dilakukan untuk mendapatkan metode yang paling cepat dalam pembangkitan bilangan prima. sehingga beilangan ini ditetapkan untuk pembangkit bilangan acak dan diterapkan untuk pengacakan soal dengan Linear Congruent Methode untuk pengacakan nomor-nomor soal yang ada. Pengacakan soal menjadi trens untuk mengurangi terjadinya kecurangan didalam menjawab soal-soal, seperti soal-soal Ujian Nasional (UN) bahkan masuk ke perguruan tinggi negri dan lain-lain. Hal ini maka peniliti memaparkan bagaimana mengimplementaasikan tersebut dari awal yakni pembangkit bilangan acak hingga ahir pengacakan tersebut dapat diterapkan
Â
Kata Kunci: Random, Bilangan, pembangkit, prima
References
AULABIH, R. PENERAPAN METODE MONTE CARLO PADA PENJADWALAN PROYEK GEDUNG DINAS SOSIAL KOTA BLITAR .
Haro, G. A. ALGORITMA PENCARIAN BILANGAN PRIMA.
LEADER, I. (2008). Flowcharting Techniques. USA: IBM.
Mulya, M. (t.thn.). Perancangan Perangkat Lunak dengan Metode RSA dengan Pembangkit Bilangan Prima Secara Opsional.
Purnamasari, D. R. (2016). IMPLEMENTASI LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA GAME HANGAROO BERBASIS ANDROID . 2407-389X.
Widya, W. (2010). Panduan Aplikatif dan Solusi Membuat Aplikasi Client Server dengan Visual 2008. YOGYAKARTA: ANDI.
Santoso, H.(2004). VB.NET untuk .Net Programmer.PT Elex Media Komputindo. Jakrata. Gramedia
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).