PENERAPAN ALGORITMA SIEVE OF ERATOSTHENES UNTUK PEMBANGKIT BILANGAN ACAK

Authors

  • Arif Suganda STMIK Budidarma
  • Sinar Sinurat STMIK Budidarma
  • Saidi Ramadan STMIK Budidarma

Abstract

Bilangan acak adalah bilangan asli yang tepat hanya memiliki dua faktor, yaitu satu dan bilangan itu sendiri. Sampai dengan abad kesembilan belas Masehi kebanyakan matematikawan menganggap 1 sebagai bilangan prima. Sampai dengan abad kesembilan belas Masehi kebanyakan matematikawan menganggap 1 sebagai bilangan prima. Pada waktu itu, sebagian besar tulisan yang dihasilkan masih memasukkan 1 sebagai bilangan prima yang sah. Perubahan yang membawa 1 tidak lagi dianggap sebagai bilangan prima adalah adanya kebutuhan untuk dapat menyatakan â€setiap angka dapat difaktorkan menjadi bilangan prima yang unik. Algoritma Sieve of Eratosthenes merupakan algoritma yang digunakan untuk mengeliminasi angka yang bukan bilangan prima dari kumpulan angka yang ada.  Proses ini cukup baik sebagai algoritma yang bisa diterapkan pada algoritma kriptografi yang digunakan. Banyak penelitian dilakukan untuk mendapatkan metode yang paling cepat dalam pembangkitan bilangan prima. mencapai kecepatan yang dianggap ideal pembangkitan bilangan prima tidak dapat dilakukan, sehingga banyak penelitian dilakukan untuk mendapatkan metode yang paling cepat dalam pembangkitan bilangan prima. sehingga beilangan ini ditetapkan untuk pembangkit bilangan acak dan diterapkan untuk pengacakan soal dengan Linear Congruent Methode untuk pengacakan nomor-nomor soal yang ada. Pengacakan soal menjadi trens untuk mengurangi terjadinya kecurangan didalam menjawab soal-soal, seperti soal-soal Ujian Nasional (UN) bahkan masuk ke perguruan tinggi negri dan lain-lain. Hal ini maka peniliti memaparkan bagaimana mengimplementaasikan tersebut dari awal yakni pembangkit bilangan acak hingga ahir pengacakan tersebut dapat diterapkan

 

Kata Kunci: Random, Bilangan, pembangkit, prima

Author Biographies

Arif Suganda, STMIK Budidarma

Teknik Informatika

Sinar Sinurat, STMIK Budidarma

Teknik Informatika

Saidi Ramadan, STMIK Budidarma

Teknik Informatika

References

AULABIH, R. PENERAPAN METODE MONTE CARLO PADA PENJADWALAN PROYEK GEDUNG DINAS SOSIAL KOTA BLITAR .

Haro, G. A. ALGORITMA PENCARIAN BILANGAN PRIMA.

LEADER, I. (2008). Flowcharting Techniques. USA: IBM.

Mulya, M. (t.thn.). Perancangan Perangkat Lunak dengan Metode RSA dengan Pembangkit Bilangan Prima Secara Opsional.

Purnamasari, D. R. (2016). IMPLEMENTASI LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA GAME HANGAROO BERBASIS ANDROID . 2407-389X.

Widya, W. (2010). Panduan Aplikatif dan Solusi Membuat Aplikasi Client Server dengan Visual 2008. YOGYAKARTA: ANDI.

Santoso, H.(2004). VB.NET untuk .Net Programmer.PT Elex Media Komputindo. Jakrata. Gramedia

Downloads

Published

2018-10-23