ANALISA ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN MEREK PAKAIAN YANG PALING DIMINATI PADA MODE FASHION GROUP MEDAN

Authors

  • Eka Novita Sari STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338

Abstract

Penjualan pakaian wanita mengalami peningkatan setiap bulannya, produk yang ditawarkan bermacam merek, untuk mengetahui merek yang paling diminati diperlukan algoritma apriori. dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik digunakan Tools Tanagra. Algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Salah satu tahap analisis asosiasi yang menarik perhatian banyak peneliti untuk menghasilkan algoritma yang efisien adalah analisis pola frequensi tinggi(frequent pattern mining). Penting tidaknya suatu asosiasi dapat diketahui dengan dua tolak ukur , yaitu : support dan confidence. Support (nilai penunjang) adalah persentase kombinasi item tersebut dalam database, sedangkan confidence (nilai kepastian) adalah kuatnya hubungan antar-item dalam aturan asosiasi.

References

Kusrini, Emha Taufiq Luthfi, Algoritma Data Mining

Feri Sulianta & Dominikus Juju, Jakarta 2010, Data Mining – Meramalkan Bisnis Perusahaan, PT. Alex Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI Jakarta

Dana Sulistiyo Kusumo, Moch. Arief Bijaksana, Dhinta Darmantoro. Data Mining Dengan Algoritma Apriori Pada RDBMS Oracle,2003, Jurnal Penelitian dan Pengembangan TELEKOMUNIKASI, Juni 2003, Vol. 8 No. 1

http://carapedia.com/pengertian_definisi_a nalisa_info2180.html, 23 Mei 2013

http://id.wikipedia.org/wiki/Pakaian, 22 mei 2013

http://eric.univlyon2.fr/~ricco/tanagra/en/tanagra.html,1 7 mei 2013

http://freestatistics.altervista.org/?p=stat, 23 mei 2013

http://budisma.web.id/materi/sma/tikkelas-xi/mengenal-lingkungan-kerja microsoft-excel-2007/, 23 Mei 2013

Downloads

Published

2013-08-29