ANALISA ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN MEREK PAKAIAN YANG PALING DIMINATI PADA MODE FASHION GROUP MEDAN
Abstract
Penjualan pakaian wanita mengalami peningkatan setiap bulannya, produk yang ditawarkan bermacam merek, untuk mengetahui merek yang paling diminati diperlukan algoritma apriori. dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik digunakan Tools Tanagra. Algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Salah satu tahap analisis asosiasi yang menarik perhatian banyak peneliti untuk menghasilkan algoritma yang efisien adalah analisis pola frequensi tinggi(frequent pattern mining). Penting tidaknya suatu asosiasi dapat diketahui dengan dua tolak ukur , yaitu : support dan confidence. Support (nilai penunjang) adalah persentase kombinasi item tersebut dalam database, sedangkan confidence (nilai kepastian) adalah kuatnya hubungan antar-item dalam aturan asosiasi.References
Kusrini, Emha Taufiq Luthfi, Algoritma Data Mining
Feri Sulianta & Dominikus Juju, Jakarta 2010, Data Mining – Meramalkan Bisnis Perusahaan, PT. Alex Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI Jakarta
Dana Sulistiyo Kusumo, Moch. Arief Bijaksana, Dhinta Darmantoro. Data Mining Dengan Algoritma Apriori Pada RDBMS Oracle,2003, Jurnal Penelitian dan Pengembangan TELEKOMUNIKASI, Juni 2003, Vol. 8 No. 1
http://carapedia.com/pengertian_definisi_a nalisa_info2180.html, 23 Mei 2013
http://id.wikipedia.org/wiki/Pakaian, 22 mei 2013
http://eric.univlyon2.fr/~ricco/tanagra/en/tanagra.html,1 7 mei 2013
http://freestatistics.altervista.org/?p=stat, 23 mei 2013
http://budisma.web.id/materi/sma/tikkelas-xi/mengenal-lingkungan-kerja microsoft-excel-2007/, 23 Mei 2013
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).