REDUKSI NOISE SALT AND PAPER PADA CITRA PANKROMATIK MENGGUNAKAN METODE HARMONIC MEAN FILTER

 (*)Martha Banjarnahor Mail (STMIK Budi Darma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Pengolahan citra digital (Digital Image Processing) adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang teknik-teknik mengolah citra. Citra yang dimaksud pada penelitian ini adalah sebuah gambar yang akan direduksi. Sebuah citra digital dapat diwakili oleh sebuah matriks dua dimensi f(x,y) yang terdiri dari M (kolom) dan N (baris). Pada pengolahn warna gambar, ada bermacam-macam model salah satunya adalah model RGB dan Grayscale. Noise (Derau) adalah gambar atau pixel yang mengganggu kualitas citra. Derau dapat disebabkan oleh gangguan fisik(optik) pada alat akuisisi maupun secara disengaja akibat proses pengolahan yang tidak sesuai. Contohnya adalah bintik hitam atau putih yang muncul secara acak yang tidak diinginkan di dalam citra. bintik acak ini disebut dengan derau salt & peper. Salt and Pepper Noise biasa dinamakan sebagai noise impuls positif dan negatif. Noise ini disebabkan karena terjadinya error bit dalam pengiriman data, pixel-pixel yang tidak berfungsi dan kerusakan pada lokasi memori. Bentuk noise ini berupa bintik-bintik hitam atau putih di dalam citra. Citra pankromatik adalah foto udara dengan menggunakan range panjang gelombang/spectrum yang lebar sehingga dapat warna yang putih. Metode harmonic mean filter adalah satu teknik filtering yang bekerja dengan cara menggantikan intensitas suatu pixel dengan pixel rata-rata nilai pixel dari pixel-pixel tetangganya. Jika suatu citra f(x,y) yang berukuran M x N dilakukan proses filtering dengan penapis h(x,y) maka akan menghasilkan citra g(x,y), dimana penapis h(x,y) merupakan matrik yang berisi nilai 1/ukuran penapis.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 115 times | PDF View: 43 times

References

Abdul Kadir, Pengenalan Algoritma Pendekatan Secara Visual dan Interaktif menggunakan Raptor. 2013

Adi Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA, Andi Publisher. 2010

D.Putra, Pengolahan Citra Digital, Yogyakarta:Andi, 2010

Rinal Munir, Pengantar Praktikum Pengolahan Citra, Bandung, 2004

S. Aripin, H. Sunandar, PERANCANGAN APLIKASI PERBAIKAN CITRA PADA HASIL SCREENSHOT MENGGUNAKAN METODE INTERPOLASI LINIER, Pelita Inform. Budi Darma. Volume : 1 (2016) 51–58.

T.Sutoyo, Teori Pengolahan Citra Digital, Yogyakarta: Andi, 2009

Usman Ahmad, Pengolahan Citra Digital dan Teknik Pemogramannya, Yogyakarta, 2005

S. Aripin, G.L. Ginting, N. Silalahi, Penerapan metode retinex untuk meningkatkan kecerahan citra pada hasil screenshot, Media Inform. Budidarma. 1 (2017) 24–27.

Wahana Komputer, Ragam Aplikasi Pengolahan Image dengan Matlab, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel REDUKSI NOISE SALT AND PAPER PADA CITRA PANKROMATIK MENGGUNAKAN METODE HARMONIC MEAN FILTER

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License