IMPLEMENTASI METODE STEEPEST ASCENT HILL CLIMBING DALAM PENCARIAN RUTE TERDEKAT PROMOSI KAMPUS STMIK BUDI DARMA

 (*)Soyan Agmelissa Samosir Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Kegiatan promosi merupakan komponen prioritas dari kegiatan branding dan pemasaran. Dengan adanya promosi maka konsumen (calon mahasiswa) akan mengetahui bahwa kampus mempunyai banyak program yang bagus untuk para calon mahasiswa baru. Setiap Perguruan Tinggi Swasta akan melakukan kegiatan promosi untuk memperkenalkan, menambah keyakinan calon mahasiswa akan informasi bahwa generasi muda haruslah melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi untuk melangsungkan kehidupan bermasyarakat yang lebih baik lagi. STMIK BUDI DARMA adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang melakukan kegiatan promosi ke sekolah SMA Negeri maupun Swasta. Tim promosi yang melakukan promosi ke sekolah dalam menentukan rute perjalanan masih mengalami kesulitan harus menemukan jarak terdekat dari sekolah yang akan dikunjungi. Dalam penyelesaian sebuah layanan yang efisien, diperlukan sebuah sistem dengan metode yang dapat membantu dalam menentukan rute terdekat. Metode Steepest Ascent Hill Climbing ini adalah solusi terbaik untuk membandingkan keadaan saat ini dengan hasil evaluasi seluruh kemungkinan keadaan yang dapat terjadi selanjutnya, lalu memilih langkah dengan keadaan terbaik. Penerapannya akan dikembangkan lebih luas lagi diantaranya untuk mencari biaya minimum dan rute perjalanan terdekat.

Kata Kunci : Jalur Terdekat, Metode Steepest Ascent Hill Climbing.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF - 125 times

References

J. Sihombing, "Pelita Informatika Budi Darma," PERANCANGAN APLIKASI PENCARIAN JALUR TERPENDEK UNTUK DAERAH KOTA MEDAN DENGAN METODE STEEPEST ASCENT HILL CLIMBING, vol. VI, p. 61, April 2014.

R. Hadiyanti, “Implementasi Peraturan Pemerinah Nomor 8 Tahun 2013 Tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Samarinda,” p. 986, 2013.

M. Maryaningsih, "IMPLEMENTASI METODE FUZZY MULTI CRITERIA MAKING (FMCDM) UNTUK OPTIMALISASI PENENTUAN LOKASI PERUMAHAN," vol. 8, pp. 63-64, 2012.

A. Desiani dan M. Arhami, KONSEP KECERDASAN BUATAN, Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2005, pp. 1-45.

Sutojo T. (2011),Kecerdesan Buatan, Pencarian Heuristik atau Informed Search, Hal-97-102

D. S. Purnia dan D. Riana, “Pencarian Rute Terpendek Perjalanan Promosi Marketing Menggunakan Algoritma Genetika Dan Algoritma Greedy,” vol. 3, pp. 299-313, September 2016.

Wikipedia, “Kampus,” 2017.

Wikipedia, “Promosi,” dalam Wikipedia, 2016.

https://www.deliserdangkab.go.id/

https://siap-ppdb.com/

Tata Sutarbi, Analisi Sistem Informasi, Andi Yogyakarta 2005

I. F. S. dan D. S. S. , “Sistem Informasi Pembimbingan Skripsi Menggunakan UML (Unified Modelling Language),” Nusantara of Engineering, vol. 1, no. 2, pp. 50-56.

H. “Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language),” Jurnal Informatika Mulawarman, vol. 6, no. 1, pp. 1-15, Februari 2011.

E. W. ST, A. Zaki dan S. Community, VB.Net Untuk Skripsi, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2015, pp. 23-240.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel IMPLEMENTASI METODE STEEPEST ASCENT HILL CLIMBING DALAM PENCARIAN RUTE TERDEKAT PROMOSI KAMPUS STMIK BUDI DARMA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License