SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA VIRUS PADA UDANG VANNAMEI DENGAN IMPLEMENTASI METODE CBR (CASE-BASED REASONING) DAN CERTAINTY FACTOR

 (*)Rio Andika Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Sistem Pakar (Expert System) adalah sistem informasi yang berisi dengan pengetahuan dari seorang pakar yang memiliki pengetahuan, penelitian, pengalaman, metode khusus, serta kemampuan untuk menerapkan bakat tertentu di bidangnya dalam memecahkan masalah yang diaplikasikan kedalam suatu sistem sehingga dapat digunakan untuk konsultasi. Kepakaran (expertise) adalah pengetahuan yang ekstensif dan spesifik yang diperoleh melalui rangkaian pelatihan, membaca, dan penglaman.  Salah satu faktor penyebab kegagalan dalam budidaya udang di tambak adalah karena serangan penyakit. Serangan penyakit yang paling berbahaya dan banyak menimbulkan kerugian bagi petambak udang vannamei adalah karena serangan virus WSSV, TSV, YHD, IMNV, IHHNV, dan masih banyak lainnya. Untuk meminimalkan terjadinya masalah tersebut, maka diperlukan penerapan teknologi informasi secara maksimal. Mengingat pentingnya nilai suatu hasil diagnosa untuk disimpan karena hal ini sangat bermanfaat bagi petambak untuk massa yang akan datang. Sistem pakar sebaiknya dilengkapi dengan fasilitas yang dapat memberikan nilai kepastian terhadap output sistem. Banyak cara yang dapat digunakan untuk menghitung nilai ketidakpastian output sistem. Namun, dalam penelitian ini maka diperlukan pembuatan sistem pakar yang berbasis pengetahuan yakni menggunakan metode Certainty Factor dan metode CBR (Case-Based Reasoning). Metode Certainty Factor digunakan untuk mencari nilai kepastian penyakit dengan menghitung nilai probabilitas gejala pada penyakit dan Case-Based Reasoning untuk mencari nilai kemiripan penyakit dengan kasus terdahulu.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Virus, CBR (Case-Based Reasoning), Certainty Factor.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 244 times | PDF View: 155 times

References

Kusrini , Aplikasi Sistem Pakar. Yogyakarta: ANDI OFFSET, 2008.

Muhammad Arhami, Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: ANDI OFFSET, 2005.

Edi Wijaya, "Analisis Penggunaan Algoritma Breadth First Search Dalam Konsep Artificial Intellegencia ," Jurnal TIME, vol. 2, no. 2, pp. 18-26, 2013.

Hasriadi Mat Akin, Virologi Tumbuhan, 1st ed.: Kanisius(Anggota IKAPI), 2006.

Musyaffa Rafiqie, "PENYAKIT UDANG VANAME ( Litopenaeus vannamei ) DI TAMBAK PT TANJUNG BEJO , PAJARAKAN KABUPATEN PROBOLINGGO," Jurnal Ilmu Perikanan, vol. 5, no. 1, pp. 20-24, 2014.

Komunitas Teknisi Tambak. (15, Juli) Update Daftar Penyakit Udang Vannamei dan Cara Mengatasinya. [Online]. http://www.supermulsa.com/2015/07/update-daftar-penyakit-udang-vanamie.html

Faza Akmal and Sri Winiarti, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT LAMBUNG DENGAN IMPLEMENTASI METODE CBR (CASE-BASED REASONING) BERBASIS WEB," Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 2, no. 1, Februari 2014.

Irlando Moggi Prakoso, Wiwik Anggraeni, and Ahmad Mukh, "Penerapan Case-Based Reasoning Pada Sistem Cerdas Untuk Pendeteksian dan Penanganan Dini Penyakit Sapi," JURNAL TEKNIK POMITS, vol. 1, no. 1, pp. 1-6, (2012).

Jogiyanto H.M, Analisis Dan Desain. Yogyakarta: CV.ANDI OFFSET, 2005.

Rahmat Priyanto, Langsung Bisa Visual Basic.Net 2008. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2009.

Rilla Gantino, Soeratno , Taufiqur Rachman, and Ari Anggarani WPT, "PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA TPA KECAMATAN PULOGADUNG," Jurnal Riset Akuntansi, vol. VI/No.2, pp. 77-110, Oktober 2014.

D. P. Utomo and S. D. Nasution, "SISTEM PAKAR MENDETEKSI KERUSAKAN TONER DENGAN MENGGUNAKAN METODE CASE BASED-REASONING," JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 3, no. 5, pp. 430-434, 2016.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA VIRUS PADA UDANG VANNAMEI DENGAN IMPLEMENTASI METODE CBR (CASE-BASED REASONING) DAN CERTAINTY FACTOR

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PELITA INFORMATIKA )

Program Studi Teknik Informatika - STMIK Budi Darma
Website : http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : syahrizal83.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
PELITA INFORMATIKA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License