KOMBINASI ALGORITMA EXACT MATCHING DAN OPERASI XOR PADA TEKS

 (*)Monalisa Febryanti Simanjuntak Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Garuda Ginting (STMIK Budi Darma, Indonesia)
 Taronisokhi Zebua (STMIK Budi Darma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Teks adalah hasil pengamatan atau observasi, oleh sebab itu informasi yang digunakan untuk menjabarkan suatu benda atau objek harus jelas, sesuai dengan data dan fakta yang ada pada objek tersebut.Teks memiliki tujuan, yakni memberi penjelasan yang utuh kepada pembacanya supaya mereka dapat memahami apa yang sedang dibicarakan dengan jelas, entah dalam hal bentuk fisik ataupun wujud yang abstrak seperti sikap, rasa dan lain sebagainya. Exact String matching merupakan sebuah metode pencocokan karakter dari sebuah masukkan dengan kata atau kalimat yang memiliki kesamaan baik karakter maupun kata. exact string matching digunakan untuk mencocokkan string yang masukkannya dari aktifitas keyboard dan membandingkan dengan string yang dikenali oleh sistem keylogger untuk direkam aktifitasnya, pada proses ini string yang direkam tidak diamankan sehingga hasil keylogger bisa dibaca oleh siapa saja jika mengetahui lokasi file keylogger berada, untuk itu perlu ditambahkan fungsi keamanan dalam hal ini mengunakan fungsi XOR sehingga hasilnya masih bisa dibaca oleh orang awam. Fungsi XOR bertujuan untuk menghasilkan nilai logika TRUE (benar) jika salah satu dari pernyataan benar, dan menghasilkan nilai logika FALSE (salah) jika kedua pernyataan salah atau kedua pernyataan tersebut benar. Unified Modelling Language (UML) adalah suatu alat untuk memvisualisasikan dan mendokumentasikan hasil analisa dan desain yang berisi sintak dalam memodelkan sistem secara visual. Juga merupakan satu kumpulan konvensi pemodelan yang digunakan untuk menentukan atau menggambarkan sebuah sistem software yang terkait dengan objek. Microsoft Visual Basic.Net 2008 adalah salah satu program berorientasi objek yang diproduksi oleh Microsoff Corporation. Pada penelitian ini, algoritma XOR diimplementasikan pada teks hasil rekam dari keylogger. Sehingga hasil rekaman dari keylogger tidak dapat terbaca oleh siapapun karena hasilnya telah dienkripsi atau sudah menjadi cipher teks. Dan untuk proses dekripsi terhadap enkripsi hasil perekaman dari keylogger hanya dapat dilakukan oleh penginstall keylogger. Sehingga setelah dienkripsi, hasil rekaman dari keylogger akan kembali ke plainteks dan dapat kembali dibaca.

Kata Kunci : Teks, Exact String matching,Visual Basic 2008

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 237 times
PDF - 84 times

References

P. Tuli dan P. Sahu, “System Monitoring and Security Using Keylogger,” International Journal of Computer Science and Mobile Computing, vol. 2, no. 3, pp. 106-111, 2013.

Heriyanto, “PENGGUNAAN METODE EXACT MATCH UNTUK MENENTUKAN KEMIRIPAN NASKAH DOKUMEN TEKS,” TELEMATIKA, vol. 8, no. 1, pp. 43-52, 2011.

H. Abdurachman dan E. Gunadhi, “KEAMANAN KOMUNIKASI DATA SMS PADA ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KRIPTOGRAPI ADVANCE ENCRYPTION STANDARD (AES),” Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, vol. 12, no. 1, pp. 1-6, 2015.

S. Kromodimoeljo, TEORI & APLIKASI KRIPTOGRAFI, Jakarta: SPK IT Consulting, 2010.

R. Sadikin, Kriptografi untuk Keamanan Jaringan (+CD), Yogyakarta: Andi Publisher, 2012.

D. Rosmala dan R. Aprian, “IMPLEMENTASI MODE OPERASI CIPHER BLOCK CHAINING (CBC) PADA PENGAMANAN DATA,” JURNAL INFORMATIKA , vol. 2, no. 3, pp. 55-66, 2012.

Haviluddin, “Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language),” Informatika Mulawarman, vol. 6, no. 1, pp. 1-15, 2011.

Neti, “PERANCANGAN APLIKASI RENTAL MOBIL PADA CV KARYA BERSAMA PALEMBANG,” MDP, pp. 1-10, 2008.

S. Tjiharjadi dan M. C. Wijaya, “PENGAMANAN DATA MENGGUNAKAN METODA ENKRIPSI EINSTEIN,” dalam Seminar Nasional Informatika, Yogyakarta, 2009.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel KOMBINASI ALGORITMA EXACT MATCHING DAN OPERASI XOR PADA TEKS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License